banner

Rumah Makan Halal di Tondano, Ayam Goreng Lalapannya Juara!

4 comments


Assalamualaikum, halo.... Balik lagi di rumahnya Ibu Dewi, nih.

Sejak tinggal di perantauan yang mayoritas penduduknya beragama non-Muslim, jujur aja bikin aku semakin pilih-pilih saat mau cari tempat makan, gaes. Nah, betapa senangnya saat nemuin ada rumah makan halal di Tondano. Apalagi, rasanya lumayan cocok di lidah.

Tempat ini mengusung nama Java Restaurant sebagai brandingnya. Kata Java di sini bikin aku berpikir kalau tempat makan itu bakalan banyak nyuguhin makanan-makanan khas Jawa, dong. Tapi ternyata ada juga makanan-makanan khas Sulawesinya, gaes.

Bagi kalian yang kebetulan mampir ke kota Tondano, dan mungkin akan sedikit bingung mencari tempat makanan halal, coba hubungi aku, eh, maksudnya, coba aja dateng ke Java Restaurant ini, gaes!

Rumah Makan Halal di Tondano

Sebagai perantau yang hobinya jajan, awalnya aku agak ragu-ragu sih buat sembarang jajan di sini. Awal-awal tinggal di Tondano, aku malah nggak berani juga ke pasar buat belanja kebutuhan sehari-hari. Hehe.

Karena mayoritas rumah makan di sini menyediakan menu-menu non halal dengan menggunakan bahasa daerah. Waktu jalan-jalan lewatin pasar terdekat pun, banyak banget yang menjajakan daging-daging non halal yang jadi pemandangan cukup mengagetkan bagiku.

Maklum gaes, ini pertama kalinya aku menetap di wilayah minoritas Muslim. Jadinya agak kaget dan belum terbiasa. Dulu awal-awal tinggal di sini sempat asal beli ayam goreng, di warung ayam. Tanpa cari tau lebih jelas, sih, salahnya. Abis itu menyesal karena tetiba keesokan harinya, warung tempat aku beli ayam itu justru menjual jajanan non halal. Sedih, deh.

Sejak itu, aku jadi lebih hati-hati dan make sure berkali-kali dulu sebelum jajan. Setelah cari tahu dan meyakinkan diri buat berbaur di tempat kami mencari nafkah, lambat laun jadi terbiasa juga. Atas rekomendasi temen-temen Muslim yang juga menetap di sini, akhirnya jadi tau deh beberapa rumah makan halal di Tondano.

Sekilas Tentang Java Restaurant


Rute Java Restaurant


Tempat makan ini berada di Jalan Sam Ratulangi atau Jalan Pasar Bawah, Tondano Barat, Kabupaten Minahasa. Cukup strategis sih karena dekat sama pusat kota.

Kesan pertama waktu ngunjungin tempat ini, enak gaes! Langsung dibikin nyaman karena tempatnya bersih dan rapi. Menu yang disuguhin juga cukup beragam. Walaupun nggak sesuai sama ekspektasiku tentang masakan khas Jawa, juga sih. Hehe.


Pilihan menu



Sampai hari ini, aku juga belum tau kenapa tempat ini dikasih nama Java Restaurant, sementara mereka nggak hanya menghadirkan masakan-masakan khas Java (Jawa). Tapi juga ada menu-menu khas Sulawesi lainnya.

Bisa jadi, karena ownernya orang Jawa? Atau, Java yang dimaksud di sini adalah bahasa pemrograman? Duh! Yang jelas, nama itu lah yang bikin aku jadi tertarik buat mengunjungi tempat makan ini sejak awal.

Selain itu, pastinya juga karena klaim halalnya. Java Restaurant berdiri tegak dengan menyuguhkan makanan-makanan Nusantara dengan klaim halalnya, di antara banyaknya warung makan serupa yang jujur aja masih abu-abu bagiku.

Pelayanan di sini juga enak. Masih standart, nggak lama-lama amat, tapi nggak cepet-cepet juga. Ya tetap harus sabar aja kalau emang lagi ramai pengunjung. Karena setau aku, pelayannya nggak banyak.

Ibu-ibu kasirnya ramah, sih. Baik juga. Karena udah dua kali ngasih bonusan roti gratis buat anak aku. Hihihi.

Rekomendasi Menu Buat Teman Sesudut



Rekomendasi menu



Setelah kunjungan yang kesekian kali, menu andalanku tetap nasi ayam lalapan, gaes. Potongan ayamnya cukup besar, dengan bumbu-bumbuan yang khas.

Disuguhin pas anget-angetnya sama nasi, ditambah lalapan dan sambal. Rasanya juara! Emang nggak ada yang spesial, sih. Sama kayak menu lalapan pada umumnya juga. Tapi bagiku sebagai warga pendatang, rasanya cukup bisa memanjakan lidah.

Beda selera sama suami dan anakku, nih. Mereka yang aslinya lahir di Pulau Jawa, justru lebih suka menu coto hati alias coto Makassar. Mau makan di tempat atau pesan lewat ojek online, pesanannya tetap belum berubah sampai sekarang. Coto is my life, deh!

Kalian wajib coba yang aku rekomendasiin, sih, kalau ke sini. Tapi jangan sedih, masih banyak menu lainnya, kok. Mau cicipin makanan khas Sulawesi? Ada. Lagi kangen makanan-makanan bernuansa Jawa, ada juga. Tapi jangan berharap lebih soal rasanya.

Makanan khas mana pun, yang dijual di kota lain selain tempat asalnya, rasanya juga bakalan berubah, gaes! Nggak bakal otentik lagi. Tapi tetap enak, lah. Makanan tuh cuma ada enak dan enak banget, yakan? Sepakat, ya!

Buat harganya, cukup terjangkau kalau kamu memang tinggal di Sulawesi dan sekitarnya. Termasuk murah! Masih aman di kantong lah, gaes. Tapi jangan tiap hari! Bubar deh isi kantongnya ntar.

Rekomendasi Restoran Keluarga

Menurut aku, Java restaurant ini pas banget sih buat dijadiin rekomendasi tempat makan kalau lagi kumpul-kumpul keluarga. Tapi kurang cocok kalau buat keluarga yang besar banget, ya gaes ya.

Karena memang tempatnya nggak begitu luas. Tapi cukup nyaman buat pertemuan keluarga sambil makan bareng gitu. Yang jelas, kayak yang udah aku singgung di atas, tempatnya bersih dan rapi.

Ruangannya terbuka ya, gaes. Jadi, emang boleh smoking-smoking buat para bapak. Cuman, minta tolong, nih, kalau smoking ya cari tempat agak jauhan aja deh sama yang lain. Terutama sama anak-anak. Biar nggak mengganggu kenyamanan yang lain.

Menu makanannya juga cukup lengkap, tinggal menyesuaikan selera masing-masing. Kalau dateng ke sini dengan tujuan mau makan trus pulang dengan perut kenyang, tempat ini cocok! Tapi jangan berharap buat yang pengin nongkrong-nongkrong cantik di sini, kurang pas. Karena Java restaurant nggak menyediakan spot foto instagramable, gaes.

Tapi nggak menutup kemungkinan juga sih setelah ini mereka bakalan ngelakuin inovasi baru. Tentang menu, tempat, dan lain-lainnya lagi. Yang penting, keep it Halal!


Penutup

Di mana pun tempat makan yang kita tuju, sebagai Muslim emang sebaiknya meyakinkan dulu tempat tersebut menyediakan makanan halal atau nggak. Halal di sini nggak hanya tidak mengandung babi atau alkohol ya, gaes.

Masih banyak lagi syarat halal yang wajib banget kita cari tau sebelum memutuskan makan di suatu tempat. Apalagi, yang tinggalnya di kota yang mayoritas warganya non-Muslim.

Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tecekik, yang dipukul, yang jatuh ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali kamu sempat menyembelihnya. (QS. Al-Maidah: 3)

Jadi, menemukan Java Restaurant sebagai tempat makan halal di Tondano, bagi aku cukup membantu banget. Apalagi tempatnya nggak jauh-jauh banget dari rumah. Ayam goreng lalapannya sukses bikin aku balik lagi ke sini berkali-kali.

Kalian mau cobain juga?
halodwyta
Halo, aku Dewi Yulia. Suka jalan-jalan, sambil review makanan dan tempat-tempat seru lainnya.

Related Posts

4 comments

  1. Wah bawaannya lapar kalo baca2 review makanan begini. Btw aku juga suka lalapan Kak, makan bisa habis banyak kalo pake lalapan...

    ReplyDelete
  2. Aku juga suka ragu buat makan di resto atau tempat makan apalagi kalo mayoritas penduduknya non muslim. Suka parno duluan😔

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah, makin banyak pelaku usaha yg memerhatikan status halal, apalagi kuliner. Aku langsung kebayang Coto Makassar-nya... Hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment