banner

Mengenal Kawasan Megamas Manado, Tempat Santai di Pusat Kota

17 comments
Mengenal Kawasan


Kota Manado yang terletak di Teluk Manado, tentu saja punya pemandangan alam yang nggak jauh-jauh dari pesisir pantai. Bahkan, di pusat kota, kita bisa dengan mudah melihat pemandangan laut yang menakjubkan. Nah, kalau lagi main ke pusat-pusat perbelanjaannya, pastinya nih aku nggak bakal melewatkan juga buat bersantai di Kawasan Megamas Manado.

Kawasan Megamas Manado

Terletak di jalan Piere Tendean (Boulevard) kota Manado, termasuk area super sibuk dengan jalan raya yang selalu ramai. Di sepanjang jalan Boulevard ini bahkan disebut juga Boulevard on Business (B on B), karena dipenuhi area perdagangan tersibuk.

Nah, Kawasan Megamas Manado sendiri merupakan salah satu kawasan bisnis yang ada di sepanjang jalan Boulevard tadi, Gaes. Kawasan ini dikenal sebagai kawasan pertokoan, mall, hotel, dan berbagai fasilitas penunjang wisata lainnya. Sebuah area yang merupakan kawasan reklamasi pantai, luasnya mencapai 37 hektar. Letaknya yang strategis, berhadapan langsung ke arah Pulau Manado Tua dan Pulau Bunaken.

Menurut sejarahnya, kawasan ini mulai dibangun dari tahun 1996 dan sempat berhenti di tahun 1998 karena krisis moneter. Terlepas dari sejarah reklamasinya yang cukup jadi perdebatan, tapi sekarang Kawasan Megamas Manado ini masih berdiri dan bahkan bisa dibilang berhasil dianggap sebagai ikon kota Manado. The Heart of Manado. Gitu katanya ….

Fasilitas

Sebagai pusat kawasan bisnis, tentunya di Kawasan Megamas Manado dipenuhi sama pusat-pusat perbelanjaan yang lengkap. Dengan membayar tiket parkir seharga Rp. 3000 (flat) buat sepeda motor. Dan Rp. 5000/ jam buat mobil.

Wisata Kuliner

Setelah melewati loket masuk Kawasan Megamas Manado, kita bakalan disambut sama jajaran tempat-tempat kuliner. Pemandangan laut di sepanjang jalan tentunya juga jadi salah satu ikon menariknya.

Nah, bagi teman-teman Muslim, bisa lebih diperhatikan lagi buat memilih tempat kuliner yang sesuai, ya. Jangan asal mampir tanpa tahu jelas dulu. Karena biasanya, menu-menu non halal dituliskan dalam bahasa daerah. Tapi tenang aja, banyak banget juga kok warung-warung yang menyediakan makanan halal.

Pusat Perbelanjaan

Di dalam Kawasan Megamas Manado ini sendiri berdiri dua Mall besar yang semuanya juga cukup lengkap. Ada Mega Mall dan Mega Trade Center. Dengan jarak yang cukup berdekatan, tinggal pilih dan disesuaikan sama keperluan masing-masing deh mau masuk mall yang mana.

Selain itu, banyak juga ruko-ruko di luar Mall yang menjajakan hampir semua kebutuhan. Apa aja ada deh pokoknya. Dari toko perlengkapan bayi, toko alat-alat elektronik, dan masih banyak lagi. Semua ada di sana.

Tempat Hiburan

Selain surga belanja, Kawasan Megamas Manado juga dikenal sebagai pusat entertainment. Ada beberapa cafe dan club ternama juga di kawasan ini.

Hotel dan Apartemen

Buat yang sedang berlibur dan pengin nyari tempat tinggal di pusat kota, di Kawasan Megamas Manado juga ada.

Dermaga

Dermaga ini cuma salah satu dermaga kecil yang ada di pinggiran teluk Manado. Biasanya, kapal-kapal kecil menuju Pulau Bunaken dan sekitarnya naik dari sini.

Taman

Taman


Di dalam Kawasan Megamas Manado ini, ada sebuah taman yang dikenal dengan nama pohon kasih. Di sini, kita bisa bersantai menikmati pemandangan laut, memancing, atau berolahraga. Pohon kasih di kawasan ini sempat memecahkan rekor pohon natal tertinggi di Indonesia.

Tempat Nongkrong Semua Kalangan

Di Kawasan Megamas Manado, semua bisa berkumpul bersama-sama. Dari yang nongkrong di cafe berkelas, atau sekadar duduk-duduk di pinggiran pantai tanpa mengeluarkan budget maksimal. Semua bisa diatur!

Menikmati sore hingga malam hari di sana, bisa jadi pilihan seru. Nggak cuma buat warga Manado dan sekitarnya, tapi banyak juga turis-turis dalam dan luar negeri yang terlihat berkumpul di beberapa titik di kawasan ini. Ya pantaslah kalau kawasan ini dinobatkan sebagai One Stop Entertainment.

Kalau versi aku sendiri, biasanya memilih buat beli jajanan sesuai mood, lalu duduk-duduk santai di pinggiran pantainya saja. Lebih hemat, seru dan menyenangkan. Beberapa kali kami juga datang buat bersantai di taman (pohon kasih). Karena di area ini anak-anak bisa berlarian sepuasnya.

Ngopi

Kalau lagi berkunjung ke Sulawesi Utara terutama Manado, dan pengin liburan seru, hemat dan mudah dijangkau, coba deh main-main ke Kawasan Megamas Manado!
halodwyta
Halo, aku Dewi Yulia. Suka jalan-jalan, sambil review makanan dan tempat-tempat seru lainnya.

Related Posts

17 comments

  1. Pemandangannya cocok banget ya buat yang sehari-harinya jauh dari perairan dan selalu ngelihatnya sibuknya orang lalu-lalang. Cocok tempatnya buat refreshing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak.. Pemandangan lautnya jd keunikan tersendiri..

      Delete
  2. Lengkap banget fasilitas yang ada di Megamas Manado. Pantai nya cocok banget dinikmati anak-anak senja sambil ngopi santai, bawa keluarga juga kayanya bakal seru, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru bgt. Anak2 jg bisa lari2 sepuasnya di taman yang luas.

      Delete
  3. Jadi penasaran bahasa daerah nya makanan non halal apa kak? Kalau ke situ lebih enak pake motor kali ya, tarif parkirnya flat wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya, ada menu coto/soto/rusuk Ba, yg berarti daging babi. Atau Ragey, jg daging babi tp yang dibakar (mirip sate) dan lain sebagainya... Hehe

      Delete
  4. Kawasan B on B, membayangkannya pasti ramai sekali ya suasana di sana. Tapi parkirnya murah sekali untuk motor ya, padahal di tempat ramai. Untung ada pantainya bisa ngadem sebentar dari kebisingan Mall nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, ramainya luar biasa. Apalagi kalau hari libur panjang. Nah abis lelah di mall, santai dulu di pinggir pantai.

      Delete
  5. Next kalo berkesempatan main ke Sulawesi Utara tepatnya ke Manado semoga bisa mampir ke kawasan Megamas Manado, deh. Penasaran juga sama tanah Sulawesi, seperti apa yaa budaya dan pergaulan sosial di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Semoga segera dikasih rezeki buat menikmati indahnya Sulawesi, mba.

      Delete
  6. Jadi kepikiran, di Manado itu untuk belanja daging-dagingan mentah sudah pasti halal, atau kita perlu tanya dulu ke penjualnya kak?
    Kalau di pulau Jawa rata-rata kan sudah halal karena mayoritas muslim 🙏🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya kalau belanja daging ayam/ sapi dll gitu

      Delete
    2. Kalo misal ke pasar udh ada lapak2 khusus yg jualan daging halal, mba. Jd dipisah gitu tempatnya. Penjualnya pun kebanyakan muslim dan pendatang dr Jawa. Jd Insya Allah aman.

      Delete
  7. Lihat laut-laut tuh bikin ga kuat buat sekedar bengong sejenak dan menikmati wangi angin laut.
    Iya sih karena daerah disana muslimnya minoritas jadi pilih makanan harus teliti banget, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba. Kudu cermat krn sering banyak self claim halal gt di warung2 kecilnya.

      Delete
  8. Duduk santai sambil ngemil di pinggir pantai menikmati angin yang berhembus sepoi-sepoi
    Duh menyenangkan banget mbak
    Saya belum pernah ke Manado sih mbak, jadi tertarik ke Megamas Manado nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeh mba.. Nongkrong, ngemil sama menuhin galeri hp biasanya. Foto dan video trs 😅

      Delete

Post a Comment