banner

5 Alasan Kamu Wajib ke Likupang. Nomor 5 Harus Segera!

14 comments
Likupang


Kalau mendengar nama kota Manado di Sulawesi Utara, mungkin sebagian besar orang pasti akan lebih mengenal Taman Nasional Bunaken sebagai pesona destinasi wisatanya. Ternyata, selain Bunaken yang jadi ikon, masih banyak juga loh destinasi wisata lain yang ada di Sulawesi Utara ini. Salah satunya, di Likupang.

Bahkan, pesona Likupang ini sudah membuatnya ditetapkan sebagai Destinasi Super Prioritas sejak tahun 2019 yang lalu. Hal ini disebabkan juga oleh karena komitmen pimpinan daerahnya yang sudah melakukan percepatan kawasan tersebut menjadi KEK (Kawasan Ekonomi Khusus).

Tentunya banyak banget perubahan besar yang ada di Likupang. Seperti yang pernah aku ceritain di artikel-artikel sebelumnya, Likupang tuh memang punya pesona yang luar biasa cakep, Bestie.

Mengenal Likupang Lebih Jauh

Likupang sendiri merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Memiliki luas sekitar 200 hektar dan terkenal dengan kawasan pesisir pantai berpasir putih. Cakep banget pokoknya, Gaes.

Untuk menuju ke Likupang dari Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, kita bisa menempuh jalur darat kurang lebih 1,5 sampai 2 jam perjalanan darat. Sekitar 48 kilometer sampai di Likupang Timur.

Sepanjang perjalanan yang berkelok naik-turun, kita bakalan disuguhin pemandangan hutan yang hijau dan asri. Mendekati tempat tujuan, deretan pohon kelapa yang menjulang tinggi tersusun rapi dengan pemandangan laut yang sudah nampak di kejauhan. Tenang, jalanannya mulus, kok! Aman.

Dijadikannya Likupang sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas di Indonesia, membuktikan bahwa tempat yang belum banyak diketahui orang ini nyatanya punya potensi wisata yang nggak kalah menawan. Dan tentu aja sudah jadi minat tersendiri nih buat wisatawan lokal bahkan internasional.

5 Alasan Kamu Wajib ke Likupang

Pulau Likupang


Nah, teman sesudut, kalau suatu hari kamu punya rezeki berlebih dan kesempatan untuk mengunjungi Sulawesi Utara, harus banget loh coba ke Likupang. Kenapa? Yuk, baca artikel ini sampai akhir, biar tau 5 alasan kamu wajib ke Likupang.

Merupakan Salah Satu KEK

Likupang ditetapkan sebagai salah satu dari 18 Kawasan Ekonomi Khusus yang tersebar di Indonesia. Ini menurut data tahun 2022 ya, Gaes. KEK ini maksudnya, sebuah kawasan dengan batasan tertentu dalam wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ditetapkan untuk menyelenggarakan fungsi dengan manfaat perekonomian tertentu.

Menurut situs djkn.kemenkeu, KEK Likupang ini agak berbeda dibanding dengan kebanyakan KEK lainnya di Indonesia. Likupang memiliki keunggulan di sektor pariwisata bertema resort dan wisata budaya (cultural tourism), serta didukung juga oleh berbagai keindahan yang ditawarkan kawasan pantainya serta Wallace Conservation Center.

Surganya Snorkeling dan Diving

Seperti yang sudah aku bahas sedikit di opening, kebanyakan orang akan lebih mengenal Taman Nasional Bunaken sebagai surganya taman bawah laut yang ada di Sulawesi Utara. Ternyata, Allah pun memercikkan sedikit keindahan ciptaan-Nya itu di bawah laut Likupang, Gaes. Masya Allah…
Pantai di Likupang

Ada banyak sekali titik diving ataupun snorkeling yang ada di Likupang. Seperti di pantai Paal, Pantai Pulisan, Pantai Sampiran, Pulau Gangga, Pulau Lihaga atau di Desa Bahoi, dan masih banyak lagi. Pas banget lah bagi para pecinta wisata bawah laut buat eksplore keindahan ekosistem laut Likupang.

Wisata Alam Super Lengkap

Nggak cuma wisata pantai atau bawah laut yang bisa dinikmati di Likupang. Sebelum nantinya main di pantai, teman sesudut bisa menyempatkan buat naik dulu ke bukit Pulisan atau pun bukit Larata. Untuk menuju ke bukit Pulisan, dapat menyewa perahu kecil yang dipatok harga sekitar 20.000/ orang. Lalu, hiking sekitar 1 jam buat menikmati indahnya hamparan padang rumput hijau dengan pemandangan laut sejauh mata memandang.

Sementara itu, bukit Larata pun sayang buat dilewatkan. Bukit Larata terletak di ujung Desa Kinunang, persis sebelum pintu masuk menuju Pantai Kinunang. Bukit ini juga dikenal dengan nama bukit Teletubbies. Cuma perlu waktu 20-30 menit buat sampai ke puncaknya.

Jajaran Homestay Nyaman

Homestay

Nggak perlu ragu, kalau pengin berkunjung ke Likupang dan mencari tempat penginapan, sudah banyak banget jajaran homestay nyaman berbentuk rumah adat Sulawesi Utara di Likupang. Harga permalamnya dimulai dari 200.000 hingga 300.000-an.

Gelaran Likupang Tourism Festival

Festival

Nah, ini alasan yang wajib dipikirin matang-matang, sih. Karena dalam waktu dekat ini Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara bakalan menggelar Likupang Tourism Festival 2023. Dalam rangkaiannya nanti bakalan banyak banget suguhan acara yang pastinya seru dan berkesan banget. Sayang buat dilewatkan.

Likupang Tourism Festival 2023 ini bakalan dilaksanakan di Pantai Paal, Desa Marinsow, Kecamatan Likupang Timur, Minahasa Utara. Tadinya, bakal digelar mulai tanggal 29 hingga 31 Juli 2023. Namun karena satu dan lain hal, puncak acara bakalan digeser ke bulan Oktober.

Rangkaian acaranya sendiri akan tetap dimulai sejak tanggal 29 nanti ya, Gaes. Akan ada berbagai macam lomba kerakyatan, seperti parade perahu hias, lomba berenang (batobo), kompetisi bakar ikan dan jagung secara berderet panjang, lomba video promosi wisata, dan masih banyak lagi.

Selain itu, akan ada juga pentas seni dan parade mobil hias bertemakan biota laut, pameran usaha mikro, kecil, dan menengah dan banyak lagi pagelaran budaya yang tentunya seru-seru. Nggak lupa juga bakalan ada penampilan khusus dari artis-artis ibukota, Gengs. Yang ini belum dapat bocoran sih siapa artisnya. Haha.

Ayo ke Likupang

Setelah aku jabarin 5 alasan kamu wajib ke Likupang tadi, lalu gimana, nih? Sudah ada bayangan kan gimana serunya kalau main ke Likupang?

Yuk, doanya dikencengin lagi, yuk. Biar rezekinya ngalir terus dari keran mana-mana. Dan bisa dikasih kesempatan sama Allah, buat menjelajah indahnya Negeri Indonesia. Salah satunya Likupang yang ada di Sulawesi Utara.

Kalau main ke Likupang, jangan lupa kabarin aku, ya! Dan jangan segan-segan juga, kasih tau teman-teman yang lain, 5 alasan kamu wajib ke Likupang!
halodwyta
Halo, aku Dewi Yulia. Suka jalan-jalan, sambil review makanan dan tempat-tempat seru lainnya.

Related Posts

14 comments

  1. Wah aku penasaran sama bukit Teletubbies, haha. Udah naik kapal, hiking juga. Seru banget yaaa. Ternyata puncak keseruannya ada di acara festivalnya ya pas banget weekend. Ayo ke Likupang! Hehe.

    ReplyDelete
  2. Nama tempatnya unik, langitnya bagus pula. Semoga diberi kesempatan untuk singgah kesana. Aamiin

    ReplyDelete
  3. Belum pernah ke Sulawesi Utara. Biasanya identik dengan Bunaken ya dan ternyata ada destinasi lain yang tak kalah cantik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sulawesi utara ternyata emang msh potensial bgt... Banyak wisata cakep selain bunaken..

      Delete
  4. Ternyata kaya banget potensi wisata di Sulawesi Utara, tidak hanya Bunakeun. Tinggal di kenalkan lebih masiv lagi dan dijaga kenyamanan turisnya, pasti Likupang akan menjadi destinasi wisata yang banyak diminati turis lokal dan mancanegara

    ReplyDelete
  5. Aamiin...aamiin...semoga diberi rezeki berlimpah dan bisa main ke Likupang menyaksikan pantainya yg indah dan eksotis. Kalau snorkling sama diving lihat aja, deh kak, serem kalo harus turun langsung, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Aku jg blm berani nyemplung mba.. 🤣

      Delete
  6. Bentar.. Aku belum bisa bayangin, gimana ceritanya kompetisi bakar ikan dan jagung? Kalo ikan bakar atau jagung bakar, aku suka lah, pasti. Cuma kalo disuruh aku yang bakar2, apalagi dikompetisikan, belum ada bayangan wkwk. Menarik nih kayaknya...

    Suamiku lumayan sering ke Manado tahun lalu, kebetulan ada proyek kerjaan di sana. Tapi jauh kayaknya dari Likupang ini. Padahal aku pengen diajak lo, cuma belum kesampaian aja sampe sekarang proyeknya udah kelar, haha. Yah, semoga someday ada kesempatan ke Bunaken sekalian ke Likupang ya mbak.. Aamiin...

    ReplyDelete
  7. Pengen deh dapat tugas yang bisa ke Sulawesi hehehe biar budget nya terbantu.
    Karna kalau dari aceh mau ke daerah2 di indonesia tuh lebih mahal ketimbang orang aceh mau ke luar negeri seperti malaysia dan singapura contohnya :D
    Aneh tapi ini faktanya wkwkwkw

    ReplyDelete
  8. Bener banget deh, kalau disebut Sulut aku ingetnya ya Bunaken. Padahal masih banyak destinasi wisata yang bagus2 lainnya disana ya. Tapi Bunaken itu udah kayak ikon nya wisatanya Sulut. Jadi kalau ada wisatawan yang datang ke Sulut, otomatis destinasi wisata lain juga terangkat. Kayak Likupang ini.

    ReplyDelete
  9. ah mupeng banget secara kami sekeluarga suka pantai, semoga ada rizki bisa berkunjung ke sana, menjelajahi wilayah timur Indonesia yang rerata pantainya masih asrii

    ReplyDelete

Post a Comment