banner

Mudik Bersama Pelni : Mengenal Lebih Dekat KM Labobar

Post a Comment
"Kamu mau nggak kalau tahun ini kita coba mudik naik kapal?" tanya suamiku sebelum memasuki awal Ramadan kemarin.
Aku yang sudah absen mudik selama dua tahun terakhir, jelas berbinar-binar saat ditawari pulang ke kampung halaman buat merayakan momen lebaran.

Tapi, apa tadi? Mudik pakai kapal? Kira-kira berapa lama? Anak-anak gimana di perjalanan nanti? Aman nggak? Dan pikiran-pikiran lainnya langsung berlarian di kepalaku.

Nggak berhenti di situ, langsung kami mencari tahu jadwal dan rute kapal yang melayani pelayaran ke pulau Kalimantan. Lalu bertemu lah kami dengan KM Labobar milik PT Pelni.

Dan … inilah kisah mudik kami bersama Pelni. Yuk, lanjut scrolling buat mengenal lebih dekat KM. Labobar! Siapa tahu, suatu saat nanti kamu butuh info ini.

Mudik dan Kampung Halaman

Menjelang hari raya Idul Fitri, seolah jadi panggilan alam nih buat para perantau mudik ke kampung halaman. Alhamdulillah, tahun ini aku masih dikasih kesempatan buat mudik ke kampung halaman dan merayakan ramadan dan idul fitri bersama keluarga di rumah.

Kesempatan yang nggak bisa disia-siakan. Karena nggak pasti setiap tahun bisa punya kesempatan mudik. Ya… namanya juga lagi mengais nafkah di kampung orang. Demi kehidupan yang lebih baik nantinya. Aamiin.

Tahun ini, setelah perjalanan yang sangat panjang, alhamdulillah kami sudah sampai di kampung halaman dengan sehat dan selamat. Masya Allah

Mengenal Lebih Dekat KM Labobar

KM Labobar

Kapal motor Labobar ini merupakan salah satu kapal terbesar punya PT Pelni. KM Labobar dibuat sejak tahun 1998 di Jerman, dengan spesifikasi kapal penumpang, tapi katanya bisa sekalian sama kapal kargo.

Tahu nggak, sih? KM Labobar ini mampu menampung sampai 3000+ penumpang loh dalam sekali berlayar! Pantes aja kapalnya besar banget. Kapasitas penumpang ini terbagi jadi kelas 1A, 2B dan Ekonomi.

KM Labobar melayani rute pelayaran dari pelabuhan Surabaya, Balikpapan, Pantoloan (Donggala), Bitung, Ternate, Sorong, Manokwari, Nabire, Serui dan Jayapura. Selanjutnya berlayar kembali mengikuti rute sebelumnya dan berakhir di Surabaya.

Biasanya, jadwal pelayaran KM Labobar ini bakalan di update secara berkala, sesuai bulan perjalanan. Pengalaman kemarin sih aku memang agak kerepotan nyari jadwal. Tapi beruntung ketemu info yang sangat membantu dari grup facebook.

Yang penting sih jangan malas gali informasi aja. Kalau mau lebih jelas juga bisa langsung datang ke kantor Pelni terdekat. Bahkan, mereka juga punya call center yang aktif 24 jam.

Fasilitas

KM Labobar punya fasilitas yang cukup lengkap dan termasuk nyaman. Karena usia kapal yang masih terbilang baru, jadi semua fasilitas pun masih dalam keadaan baik.

1. Add on Kamar

Add on

Alhamdulillah, pertama kalinya mudik bersama KM Labobar kemarin jadi pengalaman yang menyenangkan, terutama buat anak-anak. Walaupun nggak kesampaian 'add on' kamar khusus, ternyata di dek ekonomi juga seru. Nggak se-mengkhawatirkan yang aku bayangkan sebelum-sebelumnya. Hehe.

Maklum lah, kalau bawa anak-anak tuh penginnya kasih yang ternyaman, kan? Apalagi perjalanan jauh dan panjang banget. Tapi ternyata, setelah mengenal lebih dekat KM Labobar, kelas ekonominya pun cukup nyaman, loh.

Oh iya, add on kamar di sini, maksudnya, kamu bisa memesan kamar dengan fasilitas toilet khusus di dalamnya. Jadi nggak perlu ngantri dan bisa lebih private aja. Kalau buat perjalanan mudik bareng keluarga, emang lebih nyaman sih kayaknya.

Kamar ini bisa kamu pesan mulai dari harga 200 ribuan, sesuai rute dan tujuan masing-masing. Boleh ditanyakan sekalian pas kamu sudah punya tiket KM Labobar sesuai tujuan, ya. Harga tiket KM Labobar sendiri aku dapat di harga 450 ribu per-orang untuk tujuan Balikpapan.

2. Toilet dan Kamar Mandi


Selain fasilitas add on kamar, kelas ekonomi pun sudah dilengkapi sama kasur-kasur busa 'khas kapal' yang bersih dan layak. Toilet dan kamar mandi juga lengkap. Dalam satu dek, terdapat beberapa toilet dan kamar mandi pria dan wanita. Nggak perlu khawatir antri, karena banyak pilihan.

Cuma kebersihannya aja yang kurang, karena memang KM Labobar ini mengangkut banyak sekali penumpang ya, Gaes. Jadi harap maklum kalau pengguna kamar mandi saling bergantian dan bikin kurang bersih.

Tapi, setiap pagi dan sore di jam-jam tertentu selalu ada petugas kebersihan yang membersihkan toilet dan kamar mandi umumnya, kok. Masih aman lah!

3. Makan dan Minum

Makanan

Selama perjalanan pun, penumpang dapat fasilitas makan tiga kali sehari. Menu makanannya standart, nggak yang enak-enak banget, tapi cukup mengenyangkan. Alhamdulillah… Bagi yang menjalankan ibadah puasa pun, jatah makan bisa diambil di jam-jam sahur dan berbuka.

4. Masjid

Masjid

Fasilitas lainnya yang nggak kalah mencengangkan adalah, masjid. Masjid As-Safiinah yang ada di KM Labobar ini cukup besar, loh, buat ukuran masjid yang ada di sebuah kendaraan umum. Ya mungkin karena memang KM Labobar ini menampung ribuan penumpang, ya.

Tapi serius, aku cukup takjub sama masjid As-Safiinah di KM Labobar ini. Besar, bersih, terawat, dan jamaahnya luar biasa selalu penuh. MasyaAllah ….

Nggak tahu ya kalau di luar bulan Ramadan, tapi saat aku mudik kemarin Masjid As-Safiinah selalu ramai di jam-jam solat. Banyak juga penumpang yang tadarusan sambil menunggu waktu solat 'jamak dan qasar' berjamaah.

Kalau lagi dalam perjalanan gini, paling nyaman kalau punya perlengkapan solat pribadi dong pastinya. Nah, aku sendiri selalu melengkapi perjalanan dengan mukena traveling yang nyaman.

Mukena yang simple buat dibawa-bawa karena ukurannya bisa dilipat kecil. Cek deh di sini buat lihat harga termurahnya.

5. Paket WIFI (Internet)


Buat yang nggak bisa hidup tanpa sinyal internet, jangan khawatir. Terdapat fasilitas paket internet atau wifi yang dijual dengan berbagai pilihan harga. Pembayaran juga bisa cashless. Jadi, kamu nggak ada alasan mati gaya kalau nggak ada internet di kapal.

6. Cafe dan Minimarket

Cafe

Fasilitas lain dari KM Labobar adalah tersedianya beberapa titik cafe dan minimarket yang cukup lengkap. Di Dek 7, ada cafe dan resto yang lumayan nyaman buat santai.

Di Dek 5 juga ada cafe khusus yang cukup besar dan lengkap. Masih di dek yang sama, ada juga beberapa toko yang menjual baju-baju, bantal, dan cenderamata.

Para penjual makanan ringan, baju, oleh-oleh, bahkan bantal ini juga berkeliling dek di waktu-waktu tertentu. Nggak perlu bingung lagi mikirin perut atau sekadar oleh-oleh buat orang tersayang.

7. Playground Mini


Di dek 3, tersedia playground mini yang cocok buat hiburan anak-anak di kapal. Walaupun selalu ramai dan beberapa mainannya kurang terawat. Tapi ya lumayan lah buat hiburan.

8. Klinik Kesehatan

Klinik

Di KM Labobar ini juga tersedia klinik kesehatan yang terdapat di Dek 7. Tempatnya lumayan luas, bersih dan nyaman. Tentunya juga ada petugas kesehatan khusus yang bertugas.

9. Fasilitas Keamanan

Beberapa sekoci berbagai kapasitas, pelampung di setiap dek, dan segala perlengkapan keselamatan saat terjadi peristiwa darurat, juga tersedia lengkap di KM Labobar.

10. Anjungan Outdoor (Smoking Area)

Outdoor

Karena di dalam setiap dek dilarang merokok, penumpang yang pengin merokok bisa santai-santai di area outdoor sambil memandang lautan lepas.


11. Aula (Ruang serba guna)


Di dek 3, terdapat aula atau ruang serba guna yang biasanya digunakan buat kegiatan keagamaan.

Penutup


Mudik bersama Pelni bisa jadi pilihan buat kaum-kaum perantau yang mau lebih hemat budget. Setelah mengenal lebih dekat KM Labobar beserta berbagai macam fasilitasnya yang super lengkap, aku berani deh rekomendasiin petualangan seru kalian bersama PT Pelni.


Harus banget dicobain sih sesekali. Nikmati serunya perjalanan laut, sambil menjelajahi tiap-tiap lantai di KM Labobar. Kapan kamu mau cobain?
halodwyta
Halo, aku Dewi Yulia. Suka jalan-jalan, sambil review makanan dan tempat-tempat seru lainnya.

Related Posts

Post a Comment