banner

Hindari Tiket Palsu : Ini Cara Membeli Tiket Kapal Pelni yang Aman

Post a Comment
Kapal pelni

Menjelang mudik lebaran, waktunya berburu tiket murah dong buat para perantau? Nah, sejak beberapa bulan belakangan aku sudah mulai berburu tiket kapal Pelni buat pulang ke kampung halaman. Karena baru pertama kalinya ini mudik menggunakan kapal, tentu dong aku butuh banget referensi cara membeli tiket kapal Pelni yang aman.

Nggak mau dong niat mudik yang sudah digadang-gadang sejak lama, harus batal gegara dapat tiket abal-abal yang dibeli di calo palsu. Duh!

Jadi lah, setelah berhasil mendapatkan tiket yang sesuai, sepertinya aku butuh menyampaikan beberapa hal ini biar teman-teman tahu cara membeli tiket kapal pelni yang aman. Aku harus membagikan informasi yang mungkin akan ada yang butuh ini.

Mudik Lebaran

Lebaran menjelang, mudik tentunya jadi impian. Bagi para perantau, pasti sudah rindu banget sama kampung halaman. Ada yang berniat mudik, tapi belum ada kesempatan. Entah karena belum punya waktu, dana, bahkan keluarga yang sudah nggak lengkap di kampung halaman juga jadi pertimbangan. Hmm..

Nggak papa. Saat memutuskan jadi perantau, kita sudah dibekali sama stok sabar yang cukup banyak, kan? Kuat, yaaa…

Bagi yang tahun ini bisa mudik ke kampung halaman, pastinya sangat menyenangkan. Kesempatan berharga, yang harus banget kita rayakan.

Termasuk bagiku yang tahun lalu belum berkesempatan buat mudik lebaran. Tahun ini, agenda mudik bahkan sudah aku rencanakan dari jauh-jauh hari. Karena harga tiket pesawat yang luar biasa di luar budget aman, akhirnya aku memutuskan buat mudik lebaran dengan kapal laut.

Ini pengalaman baru bagiku, setelah terakhir kali mudik dengan kapal laut saat masih kecil. Nggak nyangka sih bisa kejadian lagi bakalan pulang ke kampung halaman dengan kapal laut.

Mudik dengan kapal laut ini bakalan memakan waktu yang jauh lebih lama. Tapi, Insya Allah semua akan terlalui dengan senang hati. Demi bisa berkumpul dengan orang-orang terkasih di hari yang dinanti-nanti. Alhamdulillah.

Strategi dan Tips Membeli Tiket Kapal Pelni

Di zaman serba canggih gini sih harusnya bisa bikin lebih mudah buat mencari informasi tentang apapun di internet. Nah, salah satunya juga informasi tentang kapal Pelni.

Sebelum jauh-jauh mendatangi kantor pelabuhannya, coba deh cek dulu informasinya di internet. Mungkin bakalan jarang banget ada yang bahas. Tapi kamu coba bisa cek di grup-grup facebook tentang pelabuhan atau jadwal perkapalan.

Karena serius deh, menurut pengalaman pribadi aku, aku nggak bisa menemukan informasi itu di website resmi pelninya. Maksudnya, Pelni memang nggak mengeluarkan informasi jadwal keberangkatan kapal dari jauh-jauh hari. Alhasil, kita harus pinter-pinter cari informasi di tempat lain.

Ternyata, grup-grup facebook lumayan informatif loh! Kamu bisa coba cari dulu kapal tujuanmu. Lalu tanya aja di grup soal jadwal. Karena ternyata sebelum jadwal kapal itu dikeluarin di website resmi atau aplikasi Pelni, jadwal-jadwal kapal ini bakalan lebih dulu bertebaran di Facebook.

Kalau sudah dapat jadwal yang pas, tinggal cepet-cepetan beli, sih. Karena cepat banget abisnya. Apalagi di suasana mudik begini.

Tapi tetap harus hati-hati, ya. Karena di grup-grup itu pun masih ada aja berkeliaran calo-calo palsu yang nggak bertanggung jawab. Jadi jangan karena buru-buru takut kehabisan, atau tergiur harga murah, kamu jadi asal beli di oknum-oknum nakal.

Strategi kedua, setelah tahu kapal yang akan digunakan, kamu bisa coba tracking kapalnya pakai aplikasi Ship Atlas / Marine Traffic. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis, tapi juga ada menu berbayarnya.

Nah, dengan aplikasi ini, kamu bisa cari tahu dimana keberadaan kapal yang akan kamu tunggangi nantinya. Setidaknya, dengan begitu, kamu bisa sambil memperkirakan waktu kedatangan kapal di tempat keberangkatanmu nantinya.

Ini juga bakal memudahkan kita buat memperkirakan waktu yang tepat buat war tiket nantinya!

Cara Membeli Tiket Kapal Pelni yang Aman

Tarif Kapal

Nah, setelah tahu strategi, jadwal dan lain-lain, tinggal cari tau deh gimana cara membeli tiket kapal pelni yang aman. Sini aku bisikin caranya!

1. Website / Aplikasi


Yang paling aman dan mudah, adalah langsung beli di website resmi pelni.co.id, atau di aplikasinya, ya. Sekali lagi, harus gerak cepat dan terus dimonitor. Setelah tahu jadwal keberangkatan kapal yang keluar di facebook, kamu harus segera standby di aplikasi atau websitenya.

Aku sendiri, akhirnya beli tiket di tiga minggu sebelum jadwal keberangkatan kapal. Setelah berbulan-bulan standby di aplikasi dan website, nggak ada jadwal kapal yang dituju. Jadi memang kudu sabar-sabar dan siap siaga terus.


2. Loket Pelni

Loket

Cara membeli tiket kapal Pelni yang aman selanjutnya adalah membeli lewat loket pelni terdekat. Datang saat hari dan jam kerja, ya. Jangan datang kesorean, biasanya loket sudah tutup jam 4 sore.

Di loket pelni, kamu bisa dapat informasi dan tiket yang tentunya lebih jelas dan aman, ya…

3. Call Center / WhatsApp Pelni

Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa nih melakukan pemesanan tiket kapal Pelni melalui call center di nomor (021) 162 atau nomor Whatsapp 0811-162-1162. Kedua nomor ini resmi dari Pelni, ya.

Oh iya, buat yang pengin menanyakan jadwal juga bisa aja langsung hubungi ke dua nomor di atas. Biar makin jelas dan yakin aman. Mereka menyediakan layanan 24 jam nonstop.

4. Agen Resmi

Cara membeli tiket kapal pelni yang aman dari calo-calo nakal, adalah membeli lewat mitra atau agen resmi yang memang bekerja sama dengan pelni, ya. Karena di luaran sana memang masih banyak banget oknum-oknum nakal yang menawarkan tiket dengan harga nggak masuk akal.

Daripada berujung gagal mudik dan terbuang uang percuma, mending berusaha lah cari yang pasti-pasti aman aja. Repot sedikit nggak papa. Yang penting, kamu bisa segera pulang ke kampung halaman dengan tenang.

Sebelum memulai perjalanan mudik bersama kapal Pelni, yuk coba cari tahu dulu cara membeli tiket kapal pelni yang aman. Semoga pelayaranmu menyenangkan dan segera sampai kampung halaman dengan selamat dan sehat.
halodwyta
Halo, aku Dewi Yulia. Suka jalan-jalan, sambil review makanan dan tempat-tempat seru lainnya.

Related Posts

Post a Comment