banner

Belajar Konsisten Ngeblog Bareng ODOP Blogger Squad

Post a Comment

Belajar konsisten ngeblog


Sejak memutuskan buat kembali ngeblog, tentunya ada tantangan yang harus aku taklukin. Yaitu rasa malas menulis. Demi kelangsungan blog yang baru seumur jagung ini, aku harus banget dong konsisten mengisi konten. Caranya? Gabung di Odop Blogger Squad!

Sesibuk apapun kegiatan di rumah, sebagai ibu rumah tangga tentunya aku juga pengin dong tetap berkembang. Apalagi di zaman serba digital gini. Asalkan ada kemauan, bisa belajar dari mana saja. Yang penting punya akses internet. Hehe.

Begitu juga dengan kemauanku buat belajar ngeblog lagi. Demi tetap bisa konsisten menyebar manfaat dari tulisan, aku pun merasa harus banget punya pemantik biar tetap semangat menulis. Nah, maka dari itu aku bertekad harus menyelesaikan tantangan menulis di Odop blogger squad sesi ini, supaya bisa bergabung di grup besarnya setelah dinyatakan lolos.

Emangnya, apa sih ODOP blogger squad itu? Nah, ayo kita kenalan dulu!

Mengenal ODOP Blogger Squad


Mengenal


Mungkin teman sesudut ada yang pernah dengar tentang sebuah komunitas penggiat literasi keren yang namanya komunitas ODOP, alias One Day One Post. Sebuah komunitas yang digawangi oleh Syaiful Hadi atau lebih dikenal dengan sapaan Bang Syaiha.

Awal pendirian komunitas ODOP ini bertujuan untuk menjaga konsistensi dalam menulis. Sesuai sama namanya ya, gaes. Bang Syaiha, sang founder berhasil menjaring banyak teman sehobi yang punya tujuan yang sama, yaitu membangun habit menulis, di tahun 2015.

Sayangnya, di tahun 2017 komunitas ODOP bagai anak ayam yang kehilangan induknya. Founder yang semakin sibuk di dunia nyata, kesulitan menghandle komunitas yang jumlah anggotanya semakin melejit. 

Singkat cerita, dari hasil musyawarah anggota dan restu sang founder, munculah Kak Heru yang diamanahi sebagai ketua ODOP baru, generasi pertama.

Nah, di komunitas keren ini lah aku banyak belajar tentang kepenulisan, gaes. Kerennya lagi, aku bergabung di komunitas ODOP ini di generasi ke-9, dan sekarang sudah ada 10 generasi yang dinaungi sama komunitas ini. How cool?

Di komunitas ini semua anggota diberi pilihan dong mau bergabung di program mana aja sesuai minatnya. Ada beberapa program yang berjalan, yaitu OTM (Odop tembus media), OBS (Odop blogger squad), ONB (Odop nulis buku), dan RCO (Reading Challenge Odop).

Walaupun sudah bergabung di komunitas ODOP sejak tahun lalu, tapi baru di tahun ini aku memberanikan diri mendaftar untuk bergabung di Odop blogger squad. Kenapa? Ya karena baru di tahun ini juga aku memulai dunia blog lagi, tepatnya sejak bergabung di blogspedia coaching.

Sebenarnya, belum bergabung secara resmi sih, gaes. Di sini, para peserta masih harus digembleng dengan berbagai materi dan tugas-tugas yang harus diselesaikan terlebih dulu.

Dan setiap peserta yang sudah dua kali kedapatan nggak menyelesaikan tugasnya, akan langsung didepak dari grup. Sebaliknya, yang kuat dan bertahan sampai akhir akan diboyong ke grup besar Odop blogger squad.

Sejak awal September kemarin sampai sekarang sudah ada beberapa materi dan tugas yang dijadwalkan buat para peserta. Dalam perjalanannya pun sering banget ada diskusi-diskusi terbuka di grup, meski di luar materi.

Di OBS ini lah, aku kembali dibekalin sama materi-materi keren yang tentunya bakalan mendukung perjalanan blogku ke depannya, gaes. Contohnya kayak materi seputar perSEO-an, riset keyword, GA dan GSC, teknik menang lomba dan lain sebagainya.

Iya, teknik menang lomba yang diajarin langsung sama para blogger yang memang sudah langganan menang, beb. Kan keren!


Lima Blogger Keren di OBS




Pije


Proses rekrutmen Odop blogger squad ini tentu nggak bisa berjalan lancar tanpa adanya para PJ atau dibaca pije yang keren-keren dong, gaes. Nah di dalam grup Odop blogger squad ini, aku berkenalan dengan lima blogger keren yang murah hati.

Oh tentu saja murah hati, karena mereka mau meluangkan waktu juga tenaganya buat berbagi dan berdiskusi sama kami, gaes. Ilmu yang diberikan di Odop blogger squad ini gratis, tapi harus dibayar dengan niat yang serius.

Seserius niat berbagi yang diberikan kakak-kakak pije di sini, gaes. Masya Allah. Jadi, sayang banget kalau disia-siakan dan dianggap sepele. Karena aku tau, waktu yang mereka luangkan buat ini pun nggak sepele.
Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang terus diamalkan dan disebarkan. Masya Allah...


Jihan Mawaddah

Siapa sih yang nggak kenal nama blogger yang satu ini? Blogger ramah yang langganan menang lomba ini yang jadi tutor utama di Odop blogger squad, loh, gaes.

Mbak Jihan juga merupakan ketua komunitas ODOP saat ini loh, gaes. Tuh, kurang keren gimana coba ketuanya langsung turun tangan berbagi ilmu di Odop blogger squad.

Buat yang penasaran sama sosok mbak Jihan, bisa langsung ngintipin blog pribadinya di https://jeyjingga.com/

Nimas Kesumo Z (Nimas Achsani)

Sama halnya kayak Mbak Jihan yang sudah langganan menangin lomba blog, begitu juga sama Mbak Nimas, gaes. Mungkin sudah puluhan lomba blog yang sudah dimenangin sama blogger asal Semarang ini.

Beliau ini juga sebagai coach di blogspedia coaching 3 loh. Nah, di Odop blogger squad, ketemu lagi sama mbak Nimas yang berbagi ilmu dengan cuma-cuma.

Yuk kepoin blog pribadinya di https://www.nimasachsani.my.id/

Karunia Sambas

Nah, beda sama Kak Karunia, nih. Awal kenal namanya dari program OTM, karena tulisan beliau ini langganannya tembus media. Tapi ternyata mainku kurang jauh, gaes. Wkwkwk.

Kak Karunia juga punya segudang prestasi di dunia perbloggingan. Nggak salah dong kalau beliau juga didapuk sebagai pije di Odop blogger squad. Bisa dikepoin di blog https://www.karuniasambas.com/

Jihan Mayzura dan Setya Romana

Jujurly, aku baru mengenal keduanya di Odop blogger squad. Kakak berdua ini jarang muncul di grup, kayak diriku yang banyakan nyimak. Hahaha.

Tapi tanpa keduanya yang bantuin ngerekap tugas para peserta, pastilah OBS nggak bakal berjalan lancar juga.

Cuss kepoin keduanya di https://www.jihanmayzura.my.id/ dan https://www.setyaromana.my.id/


Berjuang di OBS

Setiap orang memang punya kesibukannya masing-masing. Tapi belajar di Odop blogger squad, jadi pilihanku buat menambah daftar kesibukan dalam keseharianku sebagai ibu rumah tangga.

Jelas, sih, karena aku butuh suntikan semangat dari komunitas dalam hal ngeblog ini. Selain karena aku masih merangkak banget, aku juga butuh dorongan semangat dari tugas-tugas di setiap sesinya. Tujuannya ya jelas, biar blog ku tetap hidup dengan tulisan-tulisan.

Selain suntikan semangat, tentu dong aku juga kebanjiran ilmu dari para suhu di dunia blogger. Ini bekal buat aku sebagai pemula di dunia blogging.

Jadi, buat teman sesudut yang tertarik pengin gabung di komunitas ODOP, jangan malas deh pantengin info rekrutmennya tahun depan. Nah, buat yang mau serius sama dunia perbloggeran, aku super rekomendasikan buat gabung di Odop blogger squad, deh! Dijamin seru.
halodwyta
Halo, aku Dewi Yulia. Suka jalan-jalan, sambil review makanan dan tempat-tempat seru lainnya.

Related Posts

Post a Comment