banner

Biar Tetap Enjoy, Coba Ide Kegiatan Ini saat Camping Bersama Anak

Post a Comment
Ide kegiatan

Camping bersama anak jadi salah satu kegiatan seru yang beberapa kali jadi pilihan kami waktu liburan. Selain karena banyak manfaatnya juga, tentunya biar bisa dapetin momen yang berkualitas supaya hubungan orangtua dan anak semakin erat.

Nah, walaupun terdengar menarik, tapi tentu saja setiap kegiatan bersama anak tuh kadang suka di luar perencanaan, ya. Entah di tengah jalan anaknya ngantuk, ngamuk, nggak nyaman dan lain-lain.

Apalagi kalau tujuannya buat camping. Camping bersama anak tentu beda banget sama tujuan camping sendirian atau bareng teman. Orangtua perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik supaya camping tetap enjoy dan bisa berjalan lancar juga menyenangkan. Terutama buat anak-anak.

Ide Kegiatan Seru saat Camping Bersama Anak

Kalau sudah terbesit ide pengin nyobain camping bersama anak, segera deh riset apa aja yang diperlukan. Dan yang paling utama adalah, tentukan tujuan! Bikin pertimbangan baik-baik soal tempat tujuan. Sesuaikan dengan kebiasaan dan keadaan anak masing-masing, ya!

Banyak juga kok sekarang fasilitas camping mudah yang sudah lebih memadai. Dengan tenda yang lebih mewah, kasur, fasilitas toilet dan lain-lain. Tinggal disesuaikan sama budget masing-masing aja.

Salah satu hal yang perlu dipikirkan adalah kegiatan apa saja nih yang kira-kira bisa dilakukan saat camping bersama anak. Jangan sampai, anak yang terbiasa aktif bermain saat di rumah, jadi merasa kebingungan harus menyalurkan energinya kemana saat camping.

Mungkin bisa aku kasih contoh beberapa ide kegiatan seru yang bisa dilakukan saat camping bersama anak.

1. Mendongeng atau Bertukar Cerita

Sebenarnya, ada satu kegiatan klasik yang seru dilakuin saat camping. Yaitu membuat api unggun, lalu duduk berkeliling sambil berbagi cerita. Tapi, aku nggak menyarankan soal api unggunnya, deh. Karena membuat api unggun nggak bisa dilakuin di sembarang tempat.

Nah, ini salah satu kegiatan wajib yang sering aku lakukan saat camping bersama anak. Yaitu mendongeng atau bertukar cerita. Biasanya, malam sebelum waktunya istirahat, kami bergantian bercerita tentang apa aja. Misalnya, tentang pengalaman camping ibu atau bapaknya dulu. Bebas. Bebasin juga anak-anak buat berekspresi dan berimajinasi.

Takjub deh kalau giliran anak-anak yang bercerita sesuai imajinasinya. Kadang lucu, di luar nalar, bahkan rada-rada horor juga ada. Tapi dengan kegiatan bercerita ini bisa meningkatkan imajinasi, kosa-kata, dan kemampuan berkomunikasi anak.

2. Memasak Makanan Sederhana

Memasak makanan sederhana juga bisa jadi kegiatan seru yang bisa dilakukan saat camping bersama anak. Orangtua bisa memilih resep yang gampang dan praktis, contohnya mie instan, sosis bakar, nasi goreng dan lain-lain.

Nah, kita bisa mengajak anak buat membantu mempersiapkan bahan, alat, dan tempat memasak. Kalau anak-anak sudah cukup besar, bisa juga diajarkan cara memasak makanan tersebut dengan hati-hati. Kegiatan ini bisa mengajarkan anak tentang keterampilan memasak, kerjasama, dan kemandirian.

3. Bergerak Aktif

Tetap bergerak

Saat camping bersama anak, tetap bergerak aktif adalah kunci supaya anak-anak tetap merasa nyaman, meskipun nggak di tempat biasa. Ajak anak buat tetap aktif bergerak, jangan sampai mereka merasa bosan dan berujung tantrum. Kita bisa memilih permainan yang sesuai dengan tempat, usia dan kondisi anak.

Misalkan tempat camping yang kita tuju nggak memungkinkan buat permainan yang melibatkan banyak gerak, orangtua juga bisa memilih permainan yang melibatkan otak. Misalnya bermain teka-teki, tebak kata, abc ada lima dan lain sebagainya. Pokoknya, orangtua dilarang kehabisan ide.

Kita juga bisa memilih permainan yang melibatkan alam, loh. Misalnya kalau malam, kita bisa ajak anak buat mengamati bintang. Keesokan harinya kita bisa belajar mengenal tanaman di sekitar. Kegiatan ini bisa meningkatkan kesehatan, kecerdasan, dan kepekaan anak terhadap lingkungan.

4. Menikmati Alam

Mengenal

Menikmati alam saat camping bersama anak juga bisa menjadi salah satu kegiatan seru yang bikin anak-anak terhindar dari kata bosan. Kita bisa mengajak anak buat menjelajahi alam sekitar dengan cara yang aman dan bertanggung jawab. Tetap harus mengutamakan keselamatan dan kenyamanan anak-anak, ya.

Biasanya, aku suka mengajak anak buat menikmati pemandangan, menghirup udaranya dalam-dalam, dan menikmati suara-suara alam yang menenangkan dan menyegarkan saat camping. Ini waktu yang tepat juga buat kita mengenalkan ke-Esaan Tuhan yang menciptakan alam seindah itu. Tanamkan rasa syukur pada anak.

Kita juga bisa mengajak anak buat lebih menghargai dan menjaga alam dengan cara yang baik. Contoh sederhananya dengan nggak membuang sampah sembarangan, jangan merusak tanaman, atau nggak mengganggu kehidupan hewan-hewannya. Kegiatan ini bisa memberikan pengalaman, pengetahuan, dan kesadaran anak tentang alam.

Pengalaman saat Camping Bersama Anak

Gunung Klabat

Kegiatan camping bersama anak sudah beberapa kali kami coba lakukan. Mulai dari tahap percobaan di teras depan rumah, halaman rumah, sampai ke gunung dan pantai. Jadi, memang nggak langsung ujug-ujug bawa anak camping di alam.

Test camping

Ada beberapa kali tahap pengenalan juga sebelum akhirnya kami memutuskan buat berani mengajak anak-anak langsung camping di alam. Nah, paling berkesan adalah pengalaman camping bersama anak di gunung Klabat.

Meskipun pada akhirnya kami memilih buat nggak melanjutkan pendakian sampai ke puncak, tapi perjalanan panjang sampai mendirikan tenda di pos dua sudah berkesan banget. Sampai hari ini masih jadi cerita hangat yang terus-terusan diulang sama anak-anak di rumah.

Saat camping bersama anak di gunung Klabat, kegiatan-kegiatan di atas tetap kami lakukan demi menjaga mood dan energi anak-anak di luar zona nyamannya. Tentu ini jadi pertimbangan juga ya sebelum memutuskan buat camping. Harus dipersiapkan matang-matang. Supaya camping tetap nyaman dan enjoy sama-sama.

Penutup

Memilih kegiatan camping bersama anak tentunya juga kudu siap sama segala kerempongannya ya, Bun. Nggak bisa kita cuma memikirkan kenyamanan diri sendiri. Apalagi kalau camping langsung di alam yang nggak bisa ditebak kondisinya. Harus sudah dipertimbangkan matang-matang.

Oke deh, segitu tadi tips dan ide kegiatan yang bisa dicoba lakukan saat camping bersama anak. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi. Selamat mencoba dan happy camping! 😊
halodwyta
Halo, aku Dewi Yulia. Suka jalan-jalan, sambil review makanan dan tempat-tempat seru lainnya.

Related Posts

Post a Comment