banner

Cara Meredakan Pilek Hidung Tersumbat Ala Ibu Anak Dua. Nomor 5 Wajib Dicoba!

17 comments

Cara


Di musim nggak menentu gini, nggak jarang bikin tubuh jadi mudah terserang sakit. Paling sering, batuk pilek berujung demam yang bikin banyak hal jadi tertunda. Mau tau nggak, cara meredakan pilek hidung tersumbat versi aku, gaes?

Kalau sudah terserang virus pilek, nggak lama kemudian sodaranya pasti ikutan hadir, deh. Yaitu hidung tersumbat. Walaupun hal ini nggak sampai menghambat aktivitas, tapi tetap bikin kurang nyaman, kan?

Nah, jadi gaes, kali ini izinkan aku buat ngasih tauin, gimana cara meredakan pilek hidung tersumbat, ala ibu anak dua. Yang nomor 5 beneran wajib banget kalian coba! Lanjut, ya …

Penyebab Pilek


Pengertian



Kalau dalam KBBI, pilek diartikan sebagai sakit (demam), dengan banyak mengeluarkan ingus. Biasanya disertai batuk-batuk kecil, atau disebut juga dengan salesma.

Umumnya, kondisi kayak gini disebabkan sama infeksi atau alergi. Kondisi pilek hidung tersumbat ini juga disebabkan sama virus-virus. Yang jelas, bukan virus-virus cinta ya, gaes, ya.

Melansir dari situs halodoc, ada banyak virus pernapasan yang dapat menjadi penyebab pilek. Jenis yang paling umum adalah rhinovirus. Selain karena terpapar virus, pilek juga bisa disebabin karena efek obat-obatan.

Jangan lupa, paparan udara dingin dan kering pun bisa jadi salah satu penyebab pilek dan hidung tersumbat. Semenjak tinggal di Tondano yang umumnya bersuhu dingin, nggak jarang juga loh bikin aku sering tetiba terserang pilek.

Ditambah lagi kalau kondisi tubuh memang kurang fit. Biasanya, diawali dulu sama anak-anak, nih. Berlanjut ke bapak dan ibunya. Dan biasanya siklus itu bakalan terulang beberapa periode dulu. Duh! Capek banget.

Kesehatan tuh bener-bener nikmat yang harus banget kita syukuri, gaes. Tapi, sakit pun Insya Allah akan membawa nikmat tersendiri buat kita. Asalkan terus bersyukur.

Dalam beberapa kasus, pilek ini nggak cuma menyebabkan hidung tersumbat. Tapi juga pusing, mata berair, demam, nyeri sendi dan otot, lalu ujung-ujungnya bikin nafsu makan berkurang.

Jangankan pada anak, pada orang dewasa aja bikin nggak nyaman banget. Bener-bener sih kudu jaga kondisi, lingkungan, dan harus tau juga cara meredakan pilek hidung tersumbat kalau sudah terserang virusnya.

Cara Meredakan Pilek Hidung Tersumbat


Walaupun pilek ini bukan penyakit yang mengerikan, tapi kita juga tetap harus waspada sama gejala-gejala lanjutannya, ya. Apalagi pada anak.

Pilek yang disebabkan sama virus memang bisa sembuh dengan sendirinya. Tapi, masa iya mau dibiarin aja kalau bikin nggak nyaman. Kalau bikin beberapa aktivitas jadi terhambat, kan, juga pusing, Bun. Jadwal jadi kacau.

Belum lagi buat ibu-ibu yang dituntut kudu setrong kalau nemenin anak-anak. Kalau hidung tersumbat, kepala pusing, bawaannya pengin tiduran aja gitu, kan. Boro-boro mau mainan.

Rasanya pengin langsung cari jalan tikus aja deh gimana cara meredakan pilek hidung tersumbat itu dalam waktu sekejap saja. Tapi-tapi, tenang, gaes. Sekarang aku sudah tau caranya.

Walaupun nggak dalam waktu sekejap-sekejap amat juga, sih. Tapi tetap lumayan ampuh sih di aku. Sini, aku bisikin ya cara meredakan pilek hidung tersumbat ala ibu anak dua.

1. Minum Air Jahe Hangat

Sudah bukan rahasia lagi, sih, rempah asli Indonesia yang satu ini selalu dicari-cari buat menghangatkan tubuh. Pas banget kalau lagi pilek dan hidung tersumbat.

Minum jahe hangat lumayan bisa meredakan plus menenangkan juga, gaes. Selain itu, banyak juga manfaat yang bisa kita dapetin dari minum air jahe hangat ini secara rutin.

So, jangan ragu-ragu deh buat nyimpen stok jahe dan rempah-rempah asli Indonesia lainnya di rumah. Ini sungguh sangat membantu.


2. Berendam Air Hangat

Walaupun bagian ini agak susah buat diwujudkan bagi ibu-ibu anak dua macam diriku, gaes, tapi beneran ini juga jadi salah satu cara meredakan pilek hidung tersumbat yang cukup ampuh!

Coba sempatkan berendam air hangat yang agak lamaan, Bun. Sambil menghirup uap-uap panasnya, apalagi ditambah pakai aromaterapi yang menenangkan.

Nggak cuma hidung mampet yang minggir, stres dan lelah menghadapi hari pun ikutan minggat. Yakan bu ibu? Hehehe.


3. Hirup Uap Hangat Bawang Putih

Kalau biasanya orang-orang pakai si bawang merah buat dibalur ke badan saat pilek, kalau aku lebih memilih si bawang putih, gaes. Selain karena kulitku nggak kuat panasnya baluran bawang merah, air mataku juga gampang banget meleleh karenanya. Hahaha.

Buat yang senasib kayak aku, jangan khawatir. Allah sudah menciptakan bawang putih juga dengan banyak manfaatnya, gaes. Mari kita maksimalkan penggunaannya.

Potong-potong kecil beberapa siung bawang putih. Secukupnya aja, ya. Lalu masukin ke dalam air mendidih atau air panas. Tinggal kita hirup-hirup uap panasnya, deh. Semudah itu, kan?

4. Minum Teh Peppermint

Selain jahe, teh peppermint juga cukup berkhasiat sebagai cara meredakan pilek hidung tersumbat ala aku. Kandungan mentol di dalamnya berfungsi sebagai dekongestan alami yang dipercaya dapat mengatasi hidung tersumbat.

Selain punya rasa yang menyegarkan, teh peppermint juga bermanfaat buat mengurangi kadar stres dan cemas loh. Buat teman sesudut yang pengin coba, teh peppermint dengan berbagai merk mudah kita temui di toko-toko makanan atau herbal, kok.

Selain sebagai salah satu cara meredakan pilek hidung tersumbat, teh peppermint ini juga bisa jadi pilihan teh yang bebas kafein. Tapi sebaiknya, teh ini dihindarin deh sama teman-teman yang punya penyakit asam lambung atau GERD.

5. Menikmati Mie Soto Banjar Limau Kuit


Indomie
 Sumber Gambar (Kiri) : Facebook Rumah Indomie


Nah, ini yang paling ampuh, bebs ku. Hehehe.

Buat kalian, yang belum pernah coba mie soto banjar limau kuit ini, asli, rugi banget, loh. Apalagi dinikmati saat cuaca dingin atau pilek dan hidung tersumbat.

Ini sih jadi andalan banget buat aku. Paduan rasa rempah-rempah dan limau kuitnya bener-bener bisa bikin tenggorokan dan hidung tersumbat jadi lega. Enak banget.

Varian Indomie yang satu ini tadinya memang agak langka, gaes, selain di Pulau Kalimantan. Dulu waktu jaman-jamannya kuliah di Jogja, susah banget buat aku nemuin mie yang satu ini.

Jadi, memang harus bawa stok agak banyakan setiap pulang kampung. Karena nggak tau kenapa, yang beredar banyak di pasaran tuh cuma mie soto banjar biasa. Walaupun sama-sama enak, tapi varian mie soto banjar limau kuitnya lebih nendang, gaes.

Rasanya yang gurih bercampur pedas dan segar dari limau kuit, membuat mie yang satu ini nggak boleh kalian lewatkan, gaes. Belum lagi topping bawang goreng kering di dalamnya. Juga aromanya saat uap kuah panasnya menguar ke udara. Beuuh ….

Nggak salah sih kalau mie ini juga jadi salah satu favorit buat para pecinta mie instan pedas. Terbukti dari beberapa testimoni kawan di perantauan, nggak ada yang nggak ketagihan deh sama mie soto banjar limau kuit yang aku oleh-olehin buat mereka.

Nah, yang bikin happy, sekarang aku sudah nggak perlu repot-repot lagi bawa mie soto banjar limau kuit dari kampung halaman. Karena varian mie yang satu ini sudah tersedia di pasaran luas.

Aku yang sekarang menetap di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara pun sudah bisa mendapatkannya dengan mudah, gaes. Ini adalah sebuah kebahagiaan sederhana bagiku. Hahaha.

Mie soto banjar limau kuit ini sangat cocok buat kondisi kota Tondano yang cenderung dingin gini, gaes. Buat aku, sih, ini jadi simpenan paling berharga di rumah. Apalagi kalau lagi pilek dan hidung tersumbat.

Kalian nggak pengin cobain? Sudah bisa dibeli di toko-toko terdekat, loh! Nggak perlu nunggu oleh-oleh, apalagi harus beli langsung ke Kalimantan.

Penutup

Kondisi cuaca yang nggak menentu kayak sekarang, harus bikin kita pinter-pinter menjaga kondisi tubuh. Apalagi sebagai seorang ibu.

Nggak cuma menjaga dan memastikan anak-anak dan suami tetap sehat ya, Bu. Tapi jaga kondisi tubuh kita sendiri juga. Ini penting. Karena, ibu juga manusia biasa yang bisa sakit. Kalau kata orang-orang, seorang ibu itu nggak boleh sakit, itu salah, gaes.

Seorang ibu boleh sakit. Tapi, akan lebih baik kalau setiap ibu harus tetap sehat demi menjaga kondisi kesehatan anggota keluarga lainnya di dalam rumah. Nah, kalau pun ibu-ibu sekalian sudah mulai terserang pilek, jangan dibiarkan ya, Bu! Yuk kita coba beberapa cara meredakan pilek hidung tersumbat yang sudah aku jabarin di atas.

Yang nomor lima sih andalanku. 
Kalau kalian, yang mana, gaes? Spil dong di kolom komentar, gimana cara meredakan pilek hidung tersumbat versi kalian? Terutama versi para supermom, ya!


halodwyta
Halo, aku Dewi Yulia. Suka jalan-jalan, sambil review makanan dan tempat-tempat seru lainnya.

Related Posts

17 comments

  1. Informasi yang sangat bermanfaat buat saya yang juga ibu dua anak.. apalagi ini baru musim batuk pilek

    ReplyDelete
  2. Nomer lima juga favoritku

    ReplyDelete
  3. Nomer 4 ugak favorit

    ReplyDelete
  4. nomer 1 dan nomer 5 favorit banget nih, cuma di jawa cari yg indomie soto banjar limau sulit

    ReplyDelete
  5. No 5 memang kesukaan saya nih mba...rasanya seger..pilek dan ga pilek...gaskeeeunn

    ReplyDelete
  6. Nah...memang menderita sekali kalau sedang flu. Kebetulan lagi terserang juga, nih, saya malah plus mual dan linu jg badan. Kayanya makan yg seger2 kaya Indomie rasa soto limau kunyit Banjar ini, maknyus juga, ya, mba. Cus lah bikin.

    ReplyDelete
  7. di musim penghujan begini rasanya memang mudah sekali terkena penyakit-penyakit seperti flu, batuk, dan pilek. Saya paling suka minum air jahe, ditambah sereh dan gula jawa.
    Nanti tak cobain resep nomor lima, hunting dulu lndimie rasa soto banjar limau kuitnya

    ReplyDelete
  8. Hahaha ... bener ini, nomer 5 wajib dicoba. Flu hilang dengan cara yang menyenangkan dan mengenyangkan.

    ReplyDelete
  9. Bener bgt mbak kalau salah satu anggota keluarga ada yg sakit, meski udah pake masker di dalam rumah tapi tetep aja pasti menular. Menularnya cepet bgt kaya belum afdol kalau semuanya belum pilek 😂 pake bawang putih apa gak bau mbak?
    Aku juga suka yg nomor 5. Indomie kuahnya gurih bgt kerasa hangatnya. Semua rasa enaakk 🤗

    ReplyDelete
  10. salesma itu mengganggu banget ya, ganyaman makan dan tidur, dan ini seringnya muter serumah dulu baru pada sembuh wkwkwk
    makan mie kuah anget emang enak banget ya

    ReplyDelete
  11. Qodarullah beberapa hari lalu aku baru sembuh mba dari sakit flu dkk huhu jadi harus bedrest deh..
    Tapi kalo sakit lagi khususnya flu (semoga selalu sehat), bakal coba cara no.3 nih

    ReplyDelete
  12. Terima kasih mbk udah membagikan tips yang sangat bermanfaat. Apalagi di cuaca yang gk menentu seperti skrg. Tips nomor 5 patut dicoba nih. Jadi pengen makan mie🤤

    ReplyDelete
  13. Yg terakhir out of the box nih mba, tpi bner2 bisa dicoba apalagi pake cabe yg banyak, huuaaa jadi laper kan

    ReplyDelete
  14. Aku terpaku pada yang no 5, langsung pengen buat deh. Apalagi serumah lagi pada bapil nih. Cuaca di kota kami juga lagi ekstrim, kadang panas, nggak lama hujan

    ReplyDelete
  15. Obat tradisional turun temurun yaitu minum air jahe hangat, itu cara saya kalau sedang di landa pilek.

    ReplyDelete

Post a Comment