banner

6 Rekomendasi Oleh-oleh khas Manado. Nomor 3 Paling Banyak Diburu!

Post a Comment
Kota Manado


Jalan-jalan ke suatu kota, sudah pasti dong pengin pulang membawa cerita. Nggak cuma sekadar cerita, oleh-oleh khas di kota tersebut juga jadi sesuatu yang pastinya bakalan ditunggu-tunggu sama orang-orang tersayang di rumah.

Karena pulang tanpa membawa oleh-oleh tuh terasa ada yang kurang. Meskipun tetap, yang paling penting adalah pulang dengan membawa tubuh yang sehat dan selamat seperti sedia kala, tapi yang namanya oleh-oleh tuh sudah dianggap sepaket sama sebuah perjalanan. Iya, nggak?

Nah, kali ini aku mau ngasih tahu nih rekomendasi oleh-oleh khas Manado yang terpopuler. Salah satunya sangat-sangat jadi buruan setiap pelancong, loh! Yuk kita bahas.

Kota Manado

Coba deh bayangin soal kota Manado. Lalu, apa yang pertama kali muncul di benak kalian saat mendengar dan membayangkan kota Manado?

Laut? Bunaken? Atau, cewek-ceweknya yang terkenal cantik?

Kalau aku sih, selalu membayangkan soal makanan khasnya. Kuliner-kuliner halal apa saja yang kira-kira bisa aku cicipi saat mendatangi sebuah kota atau daerah baru di sana. Hehe.

Kota Manado sendiri memang dikenal sama keindahan alamnya yang beragam. Nggak cuma soal lautan, tapi masih banyak banget kekayaan alam yang berpotensi di sini. Dan, nggak jauh-jauh juga sama kekayaan budaya dan kulinernya.

Keindahan alam yang luas, tentunya diwarnai juga sama oleh-oleh khasnya yang menggugah selera. Ada banyak banget pilihan oleh-oleh khas Manado yang bisa kalian bawa sebagai buah tangan saat pulang ke rumah.

6 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Manado

Sini deh, aku bisikin. Apa aja sih kira-kira oleh-oleh khas Manado yang patut buat dicoba.

1. Klappertart


Klappertaart
Credit by : Cookpad/@cp_bali_asti


Kuliner manis-gurih yang satu ini kayaknya sudah melekat banget sama kota Manado. Sampai-sampai, klappertart jadi salah satu oleh-oleh khas Manado yang cukup populer sampai hari ini. Bahkan, kue yang satu ini dianggap sebagai kue legendaris loh di Manado.

Tahu nggak sih, ternyata, kudapan yang diolah dari campuran kelapa muda, susu dan telur ini merupakan perpaduan budaya Indonesia sama Belanda. Bakalan panjang kalau kita bahas di sini. Nanti ya lain waktu aja.

Yang jelas, di tengah merebaknya oleh-oleh kekinian lainnya, klappertart ini masih jadi primadona oleh-oleh khas Manado yang populer banget.

2. Cakalang Fufu


Ikan cakalang

Apa kalian tahu, ikan cakalang dianggap sebagai salah satu ikan yang memiliki cita rasa terenak di Indonesia. Dan tingkat permintaan cakalang fufu di Manado sangat tinggi, karena memang kenikmatannya nggak diragukan lagi.

Buat yang belum tahu, cakalang fufu adalah hidangan ikan cakalang yang diolah dengan cara digarami atau dibumbu khusus, lalu dijepit dengan kerangka bambu dan diasap. Proses pengasapannya memakan waktu sekitar 3-4 jam. Sampai daging ikan cakalang mengering dan berwarna merah.

Nah, cakalang fufu ini juga termasuk salah satu oleh-oleh khas Manado yang banyak dicari sama wisatawan, loh! Selain karena rasanya yang lezat, cakalang fufu juga cukup awet. Cocok buat oleh-oleh yang akan dibawa di perjalanan yang cukup jauh.

3. Sambal Roa

Sambal roa
Credit by: Ricaraja

Para pecinta pedas, sini merapat! Ini adalah salah satu varian sambal yang enak dan punya cita rasa yang khas banget. Sambal Roa, dibuat dari suiran ikan roa yang diasap. Ada juga yang dihaluskan, ya. Yang jelas, bahan utama yang bikin khas nya adalah ikan roa.

Ikan roa adalah ikan laut jenis ikan terbang yang banyak banget ditemui di perairan Sulawesi. Biasa disebut juga ikan gepe, ikan galafea atau ikan julung-julung. Nah, ikan ini diolah jadi sambal yang rasanya luar biasa. Beuh! Mantap betul buat cocolan makan pisang goroho, ubi atau dimakan pakai nasi hangat.

Aku sendiri awalnya agak ragu loh makan pisang goreng dicocol sambal. Terkesan aneh bagi orang luar Sulawesi, kan? Haha. Tapi pas sudah dicoba, dijamin bakal ketagihan deh.

Nah sambal roa ini merupakan oleh-oleh khas Manado yang paling banyak diburu juga loh sama wisatawan. Aku sendiri paling suka bawain oleh-oleh ini kalau pulang kampung. Karena terbukti, banyak juga yang suka.

4. Pisang Goroho


pisang goroho
Credit by: Tokopedia/DeHarvest

Pisang goroho banyak ditemukan di Sulawesi, dan sudah jadi sumber makanan masyarakat Minahasa sejak dulu. Bahkan nih, zaman dulu pisang goroho ini dijadikan sebagai pengganti nasi di Gorontalo.

Biasanya, pisang goroho diolah dengan cara direbus, digoreng, dibakar atau dibuat keripik. Nah, keripik pisang goroho ini yang jadi salah satu oleh-oleh khas Manado yang nggak bisa kamu lewatkan begitu saja. Apalagi sebelumnya sudah beli oleh-oleh sambal roa. Pisang goroho tuh jodohnya sambal roa. Cobain deh!

5. Kain Bentenan


Kain khas
Credit by: Tribun Manado

Nggak cuma kaya akan kuliner yang lezat, kamu juga bisa banget bawa oleh-oleh khas Manado berupa kain bentenan. Kain bentenan sendiri merupakan kain khas suku Minahasa yang sudah ada sejak zaman dulu.

Kain ini berasal dari serat kayu yang diambil dari pohon Lahendong dan pohon Sawkouw, dan beberapa bahan lainnya yang kemudian ditenun secara tradisional.

6. Miniatur Rumah Adat


Miniatur
Credit by: Facebook/Ficraft-Souvenir

Di Manado sendiri punya dua rumah adat yang terkenal, yaitu Walewangko dan Mongondow. Membawa miniatur rumah adatnya sebagai oleh-oleh khas Manado juga bisa kamu jadikan pilihan loh! Karena kurang khas apa lagi, coba? Hehe.

Dengan membawa oleh-oleh miniatur rumah adat ini, bisa jadi pengingat perjalanan kamu di kota Tinutuan. Selain itu, tentunya juga bisa ikut melestarikan budaya dan kearifan lokal di Manado, kan. Bisa jadi bahan edukasi juga nantinya buat anak-anak di rumah, supaya mereka mengenal keberagaman budaya.

Penutup

Dari 6 rekomendasi oleh-oleh khas Manado di atas, mana yang paling menarik menurut kalian? Kalau aku sih tetap sambal roa dan pisang goroho. Sekali coba, langsung jatuh hati aja gitu. Hehe.

Sebenarnya masih banyak lagi loh oleh-oleh khas Manado yang bisa kalian bawa saat pulang ke kampung halaman. Dari yang sederhana sampai yang mewah. Dari yang halal sampai yang nggak sesuai sama ajaran Islam. Rekomendasi yang aku tulis di sini yang aman-aman aja ya, gaes.

Jadi, tinggal tentukan pilihanmu. Oleh-oleh khas Manado apa yang menarik hati? Atau jangan-jangan, kalian mau oleh-olehin warga Manado yang dijadikan tambatan hati buat dibawa pulang? Hihi.

Manjo ka Manado!
halodwyta
Halo, aku Dewi Yulia. Suka jalan-jalan, sambil review makanan dan tempat-tempat seru lainnya.

Related Posts

Post a Comment