banner

Menemukan Keajaiban Alam: Pemandian Air Panas Leilem di Sulawesi Utara

Post a Comment
Welcome

Sebenarnya, ini perjalanan yang nggak di sengaja dan berujung nanggung. Karena memang bukan perjalanan yang direncanakan, jadi agak kurang persiapan dan pengetahuan soal tempat. Tapi, lagi-lagi berhasil dibuat kagum sama salah satu keindahan alam di Sulawesi Utara ini.

Ya kira-kira begitulah Sulawesi Utara dikenal sama beberapa kawan di luaran. Sebuah provinsi yang kaya akan keindahan alam dan budayanya. Yang jelas, setiap aku unggah foto atau video-video perjalanan di sini, beberapa kawan lalu berkomentar semacam ini,

"Waaah, kamu beruntung banget bisa sampai ke sana. Indah banget pemandanganya."

Salah satu tempat yang nggak sengaja aku kunjungi itu adalah Pemandian Air Panas Leilem. Sayangnya, karena ke sana tanpa persiapan, dan karena beberapa alasan lainnya, jadi lah kami cuma bisa mampir sebentar dan mengabadikan beberapa gambar. Nanggung parah, tapi okelah buat koleksi foto.

Tapi serius, deh. Tempat ini bisa kamu jadikan salah satu destinasi wisata alam yang seru saat berkunjung ke Sulawesi Utara. Pas banget buat relaksasi! Aku akan ceritain semuanya pelan-pelan, ya!

Terdampar di Pemandian Air Panas Leilem

View

Terletak di Kecamatan Sonder, Kabupaten Minahasa, pemandian air panas Leilem ini merupakan salah satu potensi panas bumi yang bisa dijadikan sebagai tempat wisata.

Akses ke tempat ini juga cukup mudah, lokasinya tepat di perbatasan Desa Lahendong dan Desa Leilem. Kalau perjalanan dimulai dari Manado, cukup menempuh waktu sekitar 1-2 jam perjalanan aja buat sampai di sini.

Perjalananku hari itu dimulai dari kota Tomohon, ke sebuah tujuan yang sudah direncanakan dari jauh-jauh hari. Pas perjalanan pulang, nggak sengaja lewat di sebuah tempat wisata yang kayaknya menarik. Mampir lah kita yang emang doyan keluyuran ini.

Begitu masuk di pintu gerbangnya aja, aroma-aroma belerang sudah menusuk hidung. Wajarlah ya, namanya juga pemandian air panas alami. Pemandian air panas Leilem ini dikelilingi hamparan hijau hutan yang masih asri.

Buat masuk ke dalamnya, kita cuma perlu mengisi kotak amal secara sukarela, Gaes. Jadi emang nggak ada retribusi dengan tarif khusus. Kabarnya sih, pemandian air panas Leilem ini cuma dikelola seadanya sama warga Desa Leilem, terutama para pemuda.

Jadi, ya emang masih sealami itu aja. Masih kurang sentuhan pemerintah. Tapi justru yang asli jauh lebih menarik.

Keindahan Pemandian Air Panas Leilem

Aliran

Jadi, setelah masuk dari pintu gerbang dan membayar seikhlasnya di kotak yang sudah disediakan, kita akan menemukan aliran sungai berwarna biru kehijauan dengan asap-asap panas yang mengepul. Wow…

Aliran sungai di bagian depan ini cuma sedalam mata kaki orang dewasa ya. Airnya nggak terlalu panas. Tipe hangat-hangat kuku, yang nyaman banget gitu loh buat relaksasi kaki. Masya Allah…

Di bagian kanan aliran sungai, ada dua buah bilik kayu, tempat pemandian air hangat yang dibuat terpisah antara cowok dan cewek. Di dalamnya kita bisa berendam dan relaksasi bareng keluarga atau bestie, nih! Sayangnya ya nggak banyak, cuma asa dua bilik itu tadi.

Bilik

Nah, karena aku merupakan pengunjung yang manut sama tuan rumah, maka penjelajahanku di pemandian air panas Leilem hanya sampai di aliran sungai ini aja, gengs. Nanggung banget, sih, sebenernya. Tapi demi kenyamanan dan keamanan kami sendiri, jadi nggak masalah, lah!

Jadinya, lanjut aku ceritain dari penuturan bapak-bapak penjaganya aja, ya! Aku tambah-tambahin dari beberapa sumber, deh. Hahaha. Ampun suhu, ini travel blog yang isinya pengalaman orang lain. Maapkan akuuu..

Oke, lanjut menyusuri aliran sungai tadi, pengunjung bakalan diajak mendaki buat menuju hidden paradise-nya. Kabarnya ada sumur yang cukup besar dan mengeluarkan lumpur mendidih di atas sana. Makanya sangat tidak disarankan membawa anak-anak. Apalagi di atas sana jelas bau belerangnya bakalan semakin kuat. Aku sih milih yang aman-aman aja dan manut sama yang lebih paham pokoknya.

Buat yang tertarik mendaki, harus ekstra hati-hati sih kalau melewati area sumur ini. Karena jalur bebatuan cukup tajam dan licin, aku saranin buat mempersiapkan segala keperluannya dengan lebih matang kalau mau menikmati keindahan sumber panas bumi di pemandian air panas Leilem ini.

Masih menurut penjelasan petugas yang aku temui waktu itu, tepat di bagian paling puncak ada sebuah kolam yang cukup besar, yang biasa dipakai sama warga desa dan pengunjung buat berendam. Wah, ngebayanginnya aja seru banget sih kayaknya.

Khasiat Kesehatan dari Air Panas Alami

Air yang mengalir di pemandian air panas Leilem ini mengandung berbagai mineral dan belerang yang dipercaya memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh. Berendam di air belerang dipercaya bisa membunuh kuman, virus, juga infeksi jamur. Air belerang juga efektif mengeringkan jerawat, loh!

Selain itu, pastinya berendam di air panas alami ini juga bikin otot-otot tegang jadi lebih rileks, karena bisa meningkatkan sirkulasi darah. Dan yang paling penting nih, mandi di air panas alami juga bisa mengurangi stres. Hayo, siapa yang udah mulai stres sama rutinitas hariannya?

Tips Penting!

Sebelum mengunjungi Pemandian air panas Leilem, ada beberapa tips penting yang perlu diperhatikan nih, gaes:

1. Pastikan membawa baju ganti

Ya iyalah, masa mau pulang basah-basahan.

2. Hindari menggunakan perhiasan atau peralatan elektronik saat berendam

Demi menjaga keamanan negara, udahlah nurut aja.

3. Patuhi aturan dan petunjuk yang diberikan oleh petugas pengelola pemandian

Nah ini penting. Jangan ngeyel lah seandainya ada arahan dari petugas. Hindari kejadian yang nggak diinginkan!

4. Jangan pakai heels atau rok mini

Ya kali, anda mau berendem air panas atau mau ke party? (Sorry to say, pernah ketemu beneran yang semacam ini)

5. Berendam jangan lebih dari 30 menit. 

Apalagi buat para lelaki. Coba browsing deh sana!

6. Jadilah bertanggung jawab terhadap lingkungan

Tentunya dengan nggak membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan area pemandian, ya!

Menikmati Keindahan Alam yang Ajaib

Pemandian air panas Leilem di Sulawesi Utara, menawarkan pengalaman yang menyegarkan dan menyenangkan bagi siapa aja yang mengunjunginya. Paket lengkap, dengan kombinasi antara keindahan alam yang menakjubkan dan manfaat kesehatan dari air panas alami, tempat ini bisa jadi destinasi yang sempurna buat menghabiskan waktu santai bersama pasangan, keluarga atau sahabat.

Eh, jangan salah, meskipun aku cuma datang dan menikmati aliran sungai semata kaki di bagian depan tadi, itu sudah cukup, kok! Malah lebih aman buat sekadar rendam-rendam kaki bareng anak-anak. Dari bawah sini, aku juga bisa dapat pemandangan indah yang disajikan oleh alamnya. Cuma sudutnya aja yang berbeda!

Namanya juga hidup, kan. Kadang di atas, kadang di bawah. Kadang di pemandian air panas Leilem. Dahlah, buruan masukin list destinasi tujuan wisata kamu bareng si dia!
halodwyta
Halo, aku Dewi Yulia. Suka jalan-jalan, sambil review makanan dan tempat-tempat seru lainnya.

Related Posts

Post a Comment