banner

Wajah Baru Lapangan Sam Ratulangi. Siap Jadi Ikon Wisata Baru di Kota Tondano, Sulawesi Utara.

Post a Comment
Lapangan Tondano

Tanggal 19 Maret 2024 kemarin, Pemerintah Kabupaten Minahasa dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara baru saja menggelar acara soft opening dan serah terima Lapangan Sam Ratulangi, setelah proyek peremajaannya dirampungkan.

Sejak pagar-pagar pembatas dibuka pagi hari, masyarakat sudah mulai antusias buat mengintip wajah baru lapangan Sam Ratulangi ini. Lapangan Sam Ratulangi, atau yang lebih sering dikenal dengan nama Taman God Bless Minahasa ini sekarang tampil dengan nuansa yang jauh lebih modern dan estetik, tapi sama sekali nggak meninggalkan ciri khas budaya Minahasa-nya.

Lapangan Sam Ratulangi

Moment

Sejak awal datang ke kota Tondano, 6 tahun yang lalu, susunan huruf-huruf balok berwarna merah tua yang berdiri di Lapangan Sam Ratulangi itu tentu saja sudah ikonik banget. Apalagi letaknya di pusat kota. Belum mampir ke Tondano kalau belum mengabadikan momen dengan latar belakang tulisan God Bless Minahasa itu.

Lapangannya pun luas, asri dengan banyak pepohonan. Nyaman banget buat santai-santai sore. Anak-anak paling suka lari-larian di sana sambil melihat lalu-lalang kendaraan di jalan raya di depannya. Ada miny playground juga yang tentunya bikin anak-anak semakin betah berlama-lama di sana.

Lapangan Sam Ratulangi atau taman God Bless Minahasa ini jadi salah satu tempat tujuan wisata, nggak cuma buat para pelancong, tapi juga tempat bersantainya warga Tondano sendiri. Lapangan ini juga jadi wadah berkumpulnya warga di saat perayaan-perayaan tertentu.

Sejak bulan Agustus 2023 yang lalu, lapangan Sam Ratulangi ini mulai dipugar dan ditutup dengan seng dan banner di sekelilingnya. Jadi, nggak terlalu kelihatan proses pengerjaannya kecuali mengintip dari dekat. Bikin penasaran banget sih, soalnya baru sehari sebelum ditutup buat umum, lapangan Sam Ratulangi masih dipakai buat wadah acara 17-an anak-anak sekolah di Tondano.

Keesokannya, waktu lewat di depannya, lapangan Sam Ratulangi sudah tertutup dan mulai dibongkar di beberapa titik. Anak-anak sempat sedih, wadah bermainnya dibongkar. Hahaha. Setiap lewat di depannya, anak-anak selalu bertanya-tanya, kapan lapangannya dibuka lagi. Kapan selesai dibangun, dan lain sebagainya.

Soft opening

Dan akhirnya, terjawab sudah di tanggal 19 Maret kemarin. Lapangan Sam Ratulangi dengan wajah yang baru, sudah dibuka kembali untuk umum. Jangan lupa, semua wahana dan fasilitas yang ada di sini bisa dinikmati secara umum dan gratis tis tis.

Fasilitas

Malam hari

Nggak beda jauh dari lapangan Sam Ratulangi yang sebelumnya, tetap ada beberapa fasilitas yang disediakan di sana. Selain tulisan-tulisan merah ikonik itu, tetap ada playground mini yang dibuat semakin berwarna. Jelas semakin menarik minat para bocil buat ngajak mampir ke sini.

Playground

Playground yang dulunya terletak di sebelah kanan panggung, sekarang dibuat lebih nyaman di bagian sebelah kiri panggung utama. Sementara di bagian kanan, ada taman kalistenik buat yang suka olahraga tipis-tipis sembari foto-foto. Di sebelahnya, masih disediakan tondano skatepark buat para muda-mudi Tondano pecinta olahraga skateboard.

Penampakan panggung utama juga jauh lebih modern dan estetik banget buat jadi spot foto-foto cakep, buat bahan unggahan kamu di sosial media. Ada yang bilang, konsep peremajaan taman God Bless Minahasa ini dibuat mirip kayak taman perkotaan di Singapura. Lebih tertata rapi, luas dan nyaman.

Lapangan

Ditambah lagi daerah aliran sungai dari danau Tondano yang berada tepat di belakang Lapangan Sam Ratulangi ini, menurut kabarnya bakal dijadikan objek wisata sungai yang mirip-mirip sama di Venezia gitu. Wah, bakalan semakin ramai lah wisatawan di kota Tondano nantinya.

View depan

Pengunjung yang datang ke Lapangan Sam Ratulangi ini nggak perlu ragu kalau tetiba ada panggilan alam buat buang hajat. Ada fasilitas toilet yang tentunya juga sudah diremajakan di sini. Hehe.

Di sekeliling lapangan juga bisa buat sekadar duduk-duduk santai sembari menunggu senja, karena disediakan beberapa tempat duduk yang jauh lebih nyaman dan luas. Kamu juga bisa berlarian di sini, karena ada jogging track yang lumayan bikin energimu terkuras kalau kelilingin berkali-kali. Jangan lari dari kenyataan mulu!

Menikmati dan Menjaga Bersama

Peremajaan lapangan Sam Ratulangi ini tentunya punya tujuan yang besar, buat jadi daerah potensi wisata yang baru dan ikonik di kota Tondano, Minahasa. Pengerjaannya juga tentunya membutuhkan dana yang fantastis, demi bisa memberi wadah yang nyaman bagi warga dan wisatawan yang berkunjung ke kota Tondano.

Jadi, sebagai penikmat, sudah sepantasnya kita menjaga sama-sama apa yang sudah dibangun dengan sangat baik itu. Ayo nikmati, hargai, dan bagikan ceritamu di sosial media, ya. Tapi, jangan lupa juga buat ikut bersama-sama menjaga kebersihan, keasrian dan keindahannya.

Biar siapapun yang berkunjung ke taman ikonik ini, bisa tetap merasa nyaman. Ayo kita sukseskan program pemerintah buat menjadikan Lapangan Sam Ratulangi ini sebagai ikon wisata kota Tondano.
halodwyta
Halo, aku Dewi Yulia. Suka jalan-jalan, sambil review makanan dan tempat-tempat seru lainnya.

Related Posts

Post a Comment