banner

Kesalahan saat Solo Traveling yang Sering Terjadi

Post a Comment
Solo Traveling

Masih seputar solo traveling, kali ini, kita bahas tentang kesalahan saat solo traveling yang sering banget terjadi. Kesalahan-kesalahan ini yang biasanya bikin perjalananmu kurang nyaman. Apalagi buat dihadapi seorang diri.

Pergi berpetualang sendirian dan menikmati kebebasan itu emang sesuatu yang menarik sih buat dilakukan. Terlebih setelah rutinitas sehari-hari yang bikin penat. Self reward katanya. Self love, apalah segala macam itu. Intinya, apapun pilihan yang kamu ambil nantinya, tolong pahami risikonya terlebih dulu.

Jangan cuma ikut-ikutan tren sosial media, padahal nggak punya ilmunya. Jangan beranggapan self love kalau justru membahayakan diri sendiri. Buat melakukan solo traveling, kamu butuh banyak-banyak riset, keberanian, dan dana!

Mampir ke artikel ini adalah salah satu upaya kamu buat riset sebelum benar-benar pergi bertualang sendirian. Anggap aja, lapak ini sebagai lapak ibu-ibu berisik yang nasihatin anaknya sebelum pergi solo traveling.

Cus kita bahas …

Beberapa Kesalahan saat Solo Traveling


Melewatkan Waktu Ibadah

Liburan bukan berarti skip waktu buat beribadah juga ya, Gaes. Usahakan tetap beribadah di mana pun. Sesuaikan waktu dan tempatnya sama tujuan wisatamu.

Sebaik-baik pelindung ya hanya Yang Maha Kuasa. Supaya solo travelingmu tetap berjalan lancar, aman dan nyaman, maka jangan sesekali skip ibadah.

Asal Pilih Penginapan

Nih anak-anak, terutama gadis-gadis yang berencana solo traveling, tolong digaris bawahi. Keamanan harus banget jadi prioritas utama saat memilih penginapan.

Jangan sekali-sekali menginap di tempat yang nggak ada petugas keamanan 24 jam. Jangan cuma pilih yang harganya terjangkau ya, say. Apalagi yang jauh dari keramaian bahkan jauh dari tempat tujuan wisatamu. Jangan!

Tambahin budget khusus buat penginapan ini. Pilih penginapan yang dilengkapi sama fasilitas keamanan yang meyakinkan. Jangan lupa, bawa kunci ekstra buat berjaga-jaga!

Overpacking

Ini kesalahan saat solo traveling yang paling umum terjadi. Tolong sadar diri ya anda wahai para solo traveler. Nggak usah ngoyo bawa barang terlalu banyak. Selain berat, tentunya juga bakalan repot.

Terutama saat kamu harus berpindah-pindah alat transportasi. Barang bawaan yang terlalu berat dan banyak bisa bikin kamu kerepotan, bahkan bisa aja memancing tindak kejahatan tertentu dari orang yang memang berniat jahat.

Pilih barang bawaan yang benar-benar esensial dan sesuaikan dengan lamanya perjalanan. Selalu lengkapi dan kumpulkan dokumen-dokumen penting dalam satu tas khusus yang selalu kamu pakai saat perjalanan.

Baju-baju trendi buat OOTD-an? Boleh! Tapi nggak perlu bawa segambreng-gambreng ya, gaes. Sesuaikan aja sama tempat tujuan, lalu mix and match sesuai selera kamu.

Kamu bisa memilih opsi mencuci atau laundry aja di beberapa tempat singgah, kayak di hotel atau penginapan lainnya. Jadi nggak perlu bawa terlalu banyak.

Kurang Perencanaan Anggaran

Solo traveling nggak harus mahal. Nggak harus juga langsung ke tempat atau negara yang jauh, yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya.

Bahkan, kalau kamu pemula dalam hal ini, kamu bisa mencoba mengunjungi tempat terdekat yang sudah pernah kamu kunjungi terlebih dulu. Biar dapat feel-nya dulu aja.

Nah, solo traveling ini juga memerlukan perencanaan keuangan yang matang, loh. Kadang, kurangnya perencanaan soal anggaran justru bikin pengalaman solo travelingmu kurang menyenangkan.

Ini juga termasuk salah satu kesalahan saat solo traveling yang paling banyak terjadi. Ujung-ujungnya, biaya perjalanan jadi membengkak. Duh!

Sebelum berangkat, buat perkiraan biaya buat makanan, transportasi, dan akomodasi. Sisihkan juga dana darurat buat situasi tak terduga. Jangan lupa, kalau kamu solo traveling ke luar Negeri, usahakan tarik tunai dengan nominal yang ‘agak banyak’. Karena bolak-balik narik di luar bakalan kena charge yang lumayan mahal.

Nggak Riset Sama Sekali

Kalau ini sih keterlaluan. Nekad, tapi nggak punya bekal. Yaaah, sangat-sangat disayangkan. Ini kesalahan saat solo traveling yang paling fatal. Tapi ya tetap aja banyak yang ngelakuin. Hadeh.

Sekali lagi aku ingetin. Lakukan riset tentang destinasi yang bakalan kamu kunjungi! Cari tahu aktivitas apa aja yang bisa dilakukan di sana nantinya dan pastikan nggak ada larangan atau peringatan khusus untuk tempat tersebut.

Tolong lah jangan merepotkan diri sendiri dan orang lain atas pilihanmu ini. Be smart, ya, sayang-sayangku!

Terlalu Welcome sama Orang Asing

Sebagai solo traveler, penting banget buat selalu waspada dan menjaga diri sendiri. Saat jauh dari rumah dan keluarga, pastinya kamu harus bisa mengandalkan diri sendiri buat menghadapi situasi apapun di sana.

Solo traveling bukan cuma soal bersenang-senang. Bukan berarti, di tempat tujuanmu nanti kamu bisa langsung berteman baik sama orang Asing. Bukan nggak boleh juga, sih. Justru ini bagus buat pengembangan diri.

Tapi lagi-lagi, kamu harus ingat risiko. Silakan bersosialisasi selama itu baik dan membawa kebaikan bagi dirimu. Tapi, terlalu membuka diri sama orang asing juga kadang bisa berakibat fatal.

Nggak Siap sama Hal Darurat

Coba deh cek artikel sebelum ini. Di sana ada beberapa tips solo traveling yang bisa kamu jadikan referensi. Nah, mempersiapkan diri buat menghadapi hal-hal darurat kayak gini sangat penting loh!

Kesalahan saat solo traveling yang satu ini juga sering banget kejadian. Dan berujung menyusahkan diri sendiri, bahkan orang lain, gaes.

Tolong lah! Selalu bawa obat-obatan pribadi dan perlengkapan P3K lainnya. Siapkan juga informasi kontak darurat, dan yang nggak kalah penting, pastikan ponselmu selalu terisi daya, kuota internet atau pulsa internasional saat kamu traveling ke luar negeri.

Terlalu Banyak Destinasi

Namanya juga lagi liburan di tempat baru. Pastilah ada perasaan pengin sekalian mengunjungi destinasi-destinasi wisata dalam waktu singkat sekaligus. Ya kan?

Tapi sebenarnya nih, mengunjungi terlalu banyak tempat dalam waktu singkat gitu justru malah membuat perjalananmu terasa sangat melelahkan. Inilah pentingnya perencanaan di awal, gaes.

Bikinlah jadwal yang masuk akal. Bakalan lebih aman kalau kamu mengunjungi tempat-tempat yang memang ramai turis dengan rute yang jelas aja. Jangan pilih tempat-tempat yang jarang orang lain tahu.

Jangan terlalu memaksakan ke tempat tujuan yang nggak masuk akal. Ingat, ya, kamu adalah solo traveler. Yang mana, semua harus kamu lakukan dan hadapi sendirian. Jangan lupa juga buat menyisihkan waktu buat bersantai. Istirahat!

Berekspektasi Tinggi

Yang namanya manusia ya hanya bisa berencana. Gitu juga soal perjalanan solo ini. Makanya, penting buat menyeting mindset terlebih dulu supaya nggak terlalu berharap tinggi di tempat tujuan nantinya.

Misalnya, berharap segala yang sudah direncanakan berjalan dengan sempurna. Berharap cuaca selalu mendukung. Dan harapan-harapan lainnya. Cobalah buat lebih bersikaplah fleksibel dan siap sama beberapa perubahan rencana.

Jangan gampang jadi badmood ya kalau tetiba satu rencana kita nggak sesuai harapan. Nggak papa! Lakuin rencana selanjutnya dan tetap semangat.

Penutup

Sebenarnya masih ada banyak lagi kesalahan saat solo traveling yang mungkin banget terjadi. Kamu bisa riset soal ini jauh lebih dalam!

Jadikan pengalaman solo travelingmu lebih aman, menyenangkan, dan tentunya berkesan dengan menghindari kesalahan-kesalahan saat solo traveling di atas, ya!

Selamat berpetualang
halodwyta
Halo, aku Dewi Yulia. Suka jalan-jalan, sambil review makanan dan tempat-tempat seru lainnya.

Related Posts

Post a Comment