banner

Merencanakan Liburan Keluarga? Perhatikan 5 Tips Menjaga Kesehatan Anak saat Liburan Ini!

Post a Comment
Liburan


Merencanakan liburan bareng keluarga jadi hal yang ditunggu-tunggu banget pastinya. Apalagi buat anak-anak. Bakalan antusias banget kalau diajak diskusi soal liburan. Dari jauh-jauh hari sudah dibahas terus. MasyaAllah

Nah, tentunya kita sebagai orang tua penginnya anak-anak tetap dalam keadaan sehat ya saat liburan. Apalagi di tengah cuaca yang kadang suka nggak menentu gini. Biar liburan bareng keluarga tetap seru, kita harus banget paham gimana sih tips menjaga kesehatan anak saat liburan.

Karena momen-momen liburan gini akan jadi kesempatan buat anak-anak bereksplorasi dan belajar banyak hal. Tentunya bakalan lebih optimal kalau anak-anak dalam keadaan sehat.

Merencanakan Liburan Bersama Keluarga

Liburan bersama keluarga nggak cuma sekadar momen buat bersenang-senang, tapi juga punya manfaat positif bagi kehidupan keluarga. Apalagi saat anak-anak diikutsertakan dalam diskusi. Happy-nya luar biasa pasti. Sepengalaman aku sih begitu.

Anak-anak jadi merasa suaranya dihargai di rumah. Ya walaupun buat keputusan-keputusan yang lebih penting tetap akan ditentukan sama kita sebagai orangtuanya juga. Seenggaknya, biarkan anak ikut masuk dalam diskusi ini. Dengarkan pendapatnya!

Liburan

Selain menambah kehangatan dan kedekatan setiap anggota keluarga, liburan bersama pastinya bakal menciptakan memori-memori baru yang indah. Yang nantinya bakalan jadi warisan cerita seru buat generasi selanjutnya. Wah!

Gini nih yang terjadi sama si sulung. Setiap habis liburan atau pergi-pergi ke tempat baru, pulang ke rumah ceritanya jadi nggak abis-abis. Ada aja yang dibahas tentang liburannya kemarin. Jadi seru banget, kan!

Liburan bersama keluarga juga bisa menguatkan lagi komunikasi yang baik di antara anggota keluarga. Tentu saja juga sebagai pelepas penat dari kesibukan sehari-hari. Setelah pusing sama kerjaan dan anak-anak sibuk sama tugas sekolahnya. Saat liburan, terbuang lah semua beban pikiran untuk sementara. Hehehe. Lumayan lah, ya.

Selain itu, momen liburan bersama keluarga ini juga jadi sarana pendidikan informal, loh, buat anak-anak. Karena saat liburan dan mengunjungi tempat baru, anak-anak juga jadi punya kesempatan buat belajar hal-hal baru. Nah ini juga yang nantinya bikin si anak aktif bercerita di rumah, Moms.

Misalnya, mengunjungi tempat-tempat bersejarah, museum, atau bersentuhan sama budaya yang berbeda di setiap tempatnya. Semua itu bakalan jadi bentuk pendidikan informal yang memberikan wawasan baru. Sebenernya malah nggak cuma buat anak, tapi juga bagi seluruh anggota keluarga.

Nah, demi mendapat liburan yang menyenangkan sekaligus bermanfaat, tentu dong anak-anak ini harus dalam keadaan sehat. Itulah pentingnya orangtua mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Termasuk juga beberapa tips menjaga kesehatan anak saat liburan.

5 Tips Menjaga Kesehatan Anak saat Liburan

Tips


Serunya liburan bisa meningkatkan imunitas anak-anak karena merasa lebih senang dan minim stress. Tapi, ada kalanya juga saat liburan dan kelelahan, imunitas anak justru turun dan malah berakhir sakit. Maka dari itu, perlu banget nih kita mengetahui tips menjaga kesehatan anak saat liburan.

Tips ini berdasarkan sedikit pengalaman pribadi dan rangkuman dari beberapa sumber. Semoga bisa jadi referensi buat menemani rencana liburan keluarga, ya!

- Jangan Biarkan Perut Kosong

Tips menjaga kesehatan anak saat liburan yang pertama adalah jangan biarkan perut kosong. Ini semacam nasihat warisan yang masih aku pertahankan sampai sekarang, sih. Jangan sampai perut kosong saat bepergian jauh.

Aku membiasakan anak-anak buat makan (mengisi perut) secukupnya sebelum memulai perjalanan. Ini menghindari lambung memproduksi asam yang berlebih, yang biasanya menyebabkan mual dan nggak nyaman saat di perjalanan.

- Hindari Makanan Manis Berlebihan

Walaupun lagi di luar keadaan normal, jangan biarkan anak-anak mengkonsumsi makanan manis berlebih. Ini sudah jelas nggak sehat ya, ibu-ibu. Selain itu, ya nggak jauh-jauh dari tantrum dan rewel kalau sudah kelebihan manis-manis.

Tetap mengusahakan konsumsi makanan dengan gizi seimbang, tiga kali sehari seperti biasanya, adalah salah satu tips menjaga kesehatan anak saat liburan yang paling penting. Karena biasanya kan, waktunya liburan tuh penginnya yang santai-santai gitu. Makan sesukanya, anak-anak jadi bebas mencicipi ini-itu yang tadinya dilarang di hari-hari biasanya.

Boleh aja sih. Asal jangan sampai berlebihan. Tetap utamakan kesehatan anak dan kewarasan ibu setelah selesai liburan ya! Oh iya, aku pribadi juga menyiapkan suplemen tambahan khusus yang dikonsumsi anak-anak saat liburan. Sebagai ikhtiar demi menjaga kesehatan anak-anak.

- Menyesuaikan Pakaian dengan Tempat

Nah, ini juga penting, Mom! Sesuaikan pakaian anak sama tempat liburan yang jadi tujuan. Supaya anak-anak bisa tetap nyaman bergerak bebas dan sesuai sama tempatnya.

Misal, mau ke gunung tapi nggak siapin pakaian ganti yang tebal. Bisa-bisa anak jadi kedinginan dan berujung sakit. Pastikan juga kita sudah menyiapkan perangkat pelindung lain dari paparan sinar matahari. Kalau semisal liburannya bakalan menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, pastikan anak-anak pakai pakaian yang tidak terlalu tebal, topi dan juga tabir surya khusus.

Sama halnya kayak kita kalau salah kostum, pasti nggak akan nyaman, kan. Jadi buat aku, poin ini jadi salah satu tips menjaga kesehatan anak saat liburan yang juga harus disesuaikan dipersiapkan lebih matang.

- Pastikan Istirahat yang Cukup

Biasanya, saat liburan seringkali jadwal penuh sama kegiatan-kegiatan seru yang menyenangkan. Nah pastikan anak-anak tetap mendapatkan jadwal istirahat yang cukup. Dalam keadaan liburan pun, anak-anak tetap harus memiliki jadwal tidur yang konsisten demi mendukung pertumbuhan dan pemulihan tubuh yang sudah lelah berkegiatan hari itu.

Istirahat yang cukup bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memastikan bahwa anak-anak akan tetap bugar selama liburan.

- Jaga Kebersihan dan Keamanan

Dengan membiasakan anak-anak mencuci tangan rutin, terutama sebelum makan, kita bisa mencegah munculnya penyakit di lingkungan baru. Selain itu, waspadai faktor-faktor keamanan lainnya, misalnya soal peraturan kolam renang, peraturan playground, dan hal-hal lain yang berkaitan.

Pastikan orangtua juga sudah mengetahui lokasi fasilitas medis terdekat, ya! Seandainya terjadi hal-hal yang nggak diinginkan, kita jadi lebih sigap menanganinya.

Liburan Nyaman dengan Kesehatan yang Baik

Penting buat memahami beberapa tips menjaga kesehatan anak saat liburan. Supaya kita bisa mempersiapkan liburan yang nyaman dan menyenangkan buat anak-anak, tetapi juga tetap mendukung kesehatannya.

Anak-anak jadi bisa menikmati pengalaman liburan dengan penuh energi dan kegembiraan. Perlu diingat, bahwa kesehatan anak juga merupakan investasi jangka panjang buat kebahagiaan dan kesejahteraan keluarga.

Dengan merencanakan liburan yang cermat, kita bisa menciptakan momen berharga yang bakalan diingat oleh anak-anak sepanjang hidup mereka. Jadi, kalau sudah ada rencana liburan dalam waktu dekat, jangan lupa terapin tips menjaga kesehatan anak saat liburan di atas, ya!

Selamat berlibur, selamat bersenang-senang.

halodwyta
Halo, aku Dewi Yulia. Suka jalan-jalan, sambil review makanan dan tempat-tempat seru lainnya.

Related Posts

Post a Comment